Breaking News

Connect With us

September 4, 2021

Rapat Paripurna, Wako Hendri Septa Sampaikan Nota RAPBD Perubahan tahun 2021 kepada DPRD

                                                       04 September 2021

FS.Padang(SUMBAR)-DPRD bersama Pemerintah Kota Padang menggelar rapat paripurna dengan agenda penyampaian secara resmi Nota Keuangan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (RAPBDP) Kota Padang Tahun Anggaran (TA) 2021, Sabtu (4/9/2021).


Wakil Ketua DPRD Padang Arnedi Yarmen  membuka secara resmi Rapat Paripurna Penyampaian APBD Perobahan2021 yang dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Amril Amin, Sekretaris DPRD Hendrizal Azhar dan para anggota DPRD Padang. Selain itu  unsur Forkopimda, kepala OPD terkait dan stakehoder terkait baik secara langsung maupun virtual. 


Wako Hendri menyebutkan, berdasarkan perubahan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun 2021 yang telah disepakati, bahwa RAPBDP Kota Padang tahun 2021 diarahkan untuk percepatan capaian visi dan misi serta mewujudkan 9 (sembilan) program prioritas pembangunan, sebagaimana yang tertuang dalam Perubahan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Padang tahun 2021.



"Selanjutnya kita tetap fokus pada pencegahan dan penanggulangan pandemi Covid-19 yang mewabah sampai saat ini hampir dua tahun," ungkap orang nomor satu di Kota Padang tersebut.


Dalam RAPBDP 2021 ini, Hendri Septa mengatakan pendapatan daerah direncanakan mencapai Rp 2,526 triliun. Jumlah ini turun sebesar Rp 99,806 miliar atau 3,80 persen dari target pendapatan daerah pada APBD awal tahun 2021 yakni sebesar Rp 2,626 triliun.


Sementara sebut Hendri, untuk mendukung tercapainya sasaran strategis sesuai dengan arah kebijakan dan prioritas pembangunan dalam Perubahan KUA dan PPAS tahun 2021, belanja daerah direncanakan sebesar Rp2,540 triliun. Jumlah ini turun Rp109,58 miliar atau 4,14 persen dari pagu belanja daerah pada APBD awal tahun 2021 yang sebesar Rp2,649 triliun.



"Penurunan belanja daerah tersebut berada pada belanja pegawai, belanja subsidi, belanja bantuan sosial, belanja modal tanah, belanja modal gedung dan bangunan serta belanja modal jalan, jaringan, irigasi san belanja bantuan keuangan," jelasnya.


"Dari sisi penerimaan kita harus mampu meningkatkan, menggali dan mengembangkan sumber-sumber pendapatan daerah terutama pendapatan asli daerah (PAD). Sementara dari sisi belanja kita harus dapat meningkatkan kualitas dan produktivitas belanja. Sehingga setiap rupiah yang kuta belanjakan harus digunakan untuk kegiatan dan program yang benar-benar produktif dan mampu memberikan nilai tambah sebesar-beaarnya bagi masyarakat," cetusnya menambahkan.


Lebih lanjut wako juga berharap, RAPBDP 2021 beserta rencana anggaran yang disampaikan dapat dijadikan prioritas bersama DPRD Kota Padang.


Pemko Padang tengah berusaha melakukan berbagai upaya mewujudkan visi dan misi serta program unggulan (progul) Wali Kota Padang.


Salah satu progul tersebut yakni membangun 500 ruang kelas baru (RKB) untuk sekolah dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).



“Kami terus berupaya membangun ruang kelas baru sebagai tempat belajar bagi anak didik di tingkat SD dan SMP,” kata Wali Kota Padang Hendri Septa, Jumat (3/9/2021).


Menurut Wali Kota, pembangunan ruang kelas baru tersebut agar proses belajar mengajar (PBM) dapat dilaksanakan satu shift. Dimana saat ini PBM masih berlangsung 2 shift.


“Insyaallah tahun 2021 ini kita akan usahakan membangun sebanyak 109 ruang kelas baru,” tutur Hendri Septa.


Sementara di tahun 2022, Pemko Padang merencanakan akan membangun 100 ruang kelas baru lagi. Sehingga dalam jangka waktu 2,5 tahun sisa jabatan walikota, pembangunan 500 ruang kelas baru bisa terwujud.


“Ini janji kampanye kami kepada masyarakat yang harus kami tuntaskan. Semoga pandemi ini bisa segera berakhir agar pembangunan dapat berjalan optimal,” jelas Hendri Septa.


Menurut Hendri Septa, APBD Kota Padang banyak tersedot untuk penanganan dan penanggulangan pandemi COVID-19. Sehingga pembangunan tidak berjalan maksimal.


“Karena itu, kita berharap pandemi ini bisa berakhir dan kita bisa fokus melaksanakan pembangunan,” harap Walikota.

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!