Breaking News

Connect With us

October 9, 2021

Bupati Eka Putra Panen Perdana Ikan Nila Pokdakan Barakiah


FS.Tanah Datar(SUMBAR)- Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Barakiah yang terletak di Jorong Koto Gadih, Nagari Limo Kaum, Kecamatan Lima Kaum,  Kabupaten Tanah Datar melakukan Panen Perdana.


Panen Perdana ini berhasil dilakukan dengan menerapkan Tekhnologi Baru di bawah pembinaan Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Tanah Datar.


Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE,MM didampingi Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Ir.Hilmi, Kepala OPD Terkait, Camat dan Wali Nagari meninjau langsung dan melakukan Panen Perdana Ikan Nila Pokdakan Barakiah, Jum'at (08/10) sore tadi.


Dalam laporannya Kepala Dinas Pangan dan Perikanan, Ir.Hilmi manyampaikan program percontohan ini bertujuan untuk memperkenalkan Tekhnologi Baru dalam beternak ikan.



Tekhnologi Baru ini dilakukan dengan meningkatkan produksi dan hasil ikan,  menerapkan dan melaksanakan cara budi daya ikan yang baik diantaranya.


"Cara budi daya ikan yang baik ini diantaranya adalah dengan memakai bibit unggul, pakan yang bermutu dan pengelolaan manajemen kualitas air" jelasnya.


Lebih lanjut, Ir. Hilmi katakan "Dalam program percontohan ini ada 6 kelompok di Kabupaten Tanah Datar yang mendapat kegiatan percontohan ini yang berada di beberapa Kecamatan yaitu : Kecamatan Lima Kaum, Rambatan, Pariangan dan Batipuh Selatan".


Ir. Hilmi juga laporkan, jenis bantuan yang diberikan untuk ikan Nila berupa benih sebanyak 7.000 ekor/kelompok, pakan 1700 kg/kelompok dan peralatan (tangguk, ember dan baskom. Untuk ikan Lele, benih sebanyak 10.500 ekor/kelompok, pakan 1660 kg/kelompok dan peralatan berupa tangguk, ember dan baskom.



"Jadi jumlah bantuan seluruhnya ada 6 paket yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Untuk hasil, untuk ikan Nila pemeliharaan 4 bulan hasil panen sudah disampel rata-rata 4 ekor/kg.Secara teknis ini sangat bagus dan berpeluang untuk dikembangkan" ucapnya lagi.


Sementara untuk ikan lele, masa pemeliharaan 2,5 bulan sudah mencapai berat rata-rata 6 ekor/kg.


"Kepada Bapak Bupati kami mohon arahannya sekaligus berkenan melakukan panen perdana ikan nila yang Insyaa Allah nanti akan dilanjutkan dengan ikan lele" ujar Ir.Hilmi di akhir laporannya.


Ketua Pokdakan Barakiah Mayendra mengucapkan terima kasih atas kunjungan Bupati Tanah Datar yang di sela-sela jadwal padatnya masih meluangkan waktu untuk hadir di Jorong Koto Gadih, meninjau Panen Perdana Pokdakan Barakiah.


"Mewakili anggota dan masyarakat khususnya Jorong Koto Gadih menyampaikan terima kasih  kepada rombongan dari Kabupaten atas kesediaan waktu hadir di lokasi Pokdakan Barakiah ini.Jujur Pak Bupati sejak adanya Pokdakan Barakiah ini, baru kali ini Bupati hadir kesini. Kami merasa sangat tersanjung, sangat bangga dengan kehadiran Bapak Bupati ke tempat kami ini" ujarnya.



"Terima kasih Pokdakan Barakiah sudah diberikan kepercayaan dan amanah sebagai penerima program percontohan, juga kepada Pihak Dinas Pangan dan Perikanan yang telah mendamingi, memberikan bimbingan dan arahan sehingga kami berhasil melakukan panen perdana hari ini" lanjutnya.


Bupati Eka Putra dalam arahannya menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah mempunyai perhatian yang sangat besar dalam rangka menumbuhkan dan mengembangkan perekonomian masyarakat.


"Salah satu potensi yang ada di Tanah Datar ini adalah perikanan. Beternak  ikan ini sangat menjanjikan.Ikan juga merupakan makanan sehat yang kaya akan protein, selain itu ikan ini semua agama bisa mengkonsumsi.Karena itu pengembangan bidang perikanan ini sangat menjanjikan, dan Pemerintah Daerah akan selalu mendukung program-program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, apalagi yan berdampak langsung meningkatkan pendapatan dan perekonomian masyarakat" jelas Bupati.


Eka Putra lanjutkan, apalagi saat ini beternak ikan sudah bisa menggunakan Tekhnologi Baru, sehingga hasilnya pun bisa lebih ditingkatkan.



"Sebagaimana kita ketahui, semanjak Pandemi ini banyak anggaran pemerintah yang dipotong, namun ini tidak lantas untuk dijadikan alasan untuk tidak membangun, kita akan upayakan dan mencarikan jalan keluar agar pembangunan di Tanah Datar tetatap berjalan" pungkas Bupati.


Di akhir acara, Bupati Eka Putra melakukan Panen Perdana ikan nila, yang  didampingi Kadis Pangan dan Perikanan, OPD Terkait, Camat, Wali Nagari, Pengurus serta anggota Pokdakan Barakiah.(adv/Ml)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!