Breaking News

Connect With us

October 4, 2021

Korban Kebakaran di Pasar Kambang dapat Bantuan dari IKWAL Kota Padang

                                                            04 Oktober 2021

FS.Pessel(SUMBAR)-Masyarakat perantau asal Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan, yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Wilayah Lengayang (IKWAL), salurkan bantuan kepada 14 pemilik kios dan pemilik rumah yang menjadi korban kebakaran di Pasar Kambang, Minggu (3/10).


Upaya itu dilakukan untuk meringan beban warga yang menjadi korban kebakaran pada 23 September 2021 lalu. Sebab hingga saat ini mereka yang menjadi korban tersebut, belum bisa kembali menjalankan usahanya seperti semula.

Penyerahan bantuan itu dilakukan secara langsung oleh Ketua IKWAL Kota Padang, Aprizal Cai, dengan didampingi pengurus lainnya bertempat di Pasar Kambang, Nagari Kambang Barat.  

Aprizal Cai, saat menyerahkan bantuan itu mengatakan bahwa 14 pemilik kios dan rumah yang terbakar pada 23 September 2021 lalu itu, sangat membutuhkan perhatian dari semua.

Berdasarkan hal itu, sehingga pengurus IKWAL Kota Padang berinisiatif menggalang bantuan sosial atas peristiwa kebakaran yang menghanguskan 15 bangunan yang terdiri dari 8 ruko permanen, 6 toko semi permanen dan 1 unit rumah.

Disampaikannya bahwa untuk penggalangan dana bantuan tersebut, pengurus IKWAL Kota Padang mempercayakan Agusmardi, sebagai koordinator.

"Walau jumlahnya tidak banyak, namun Alhamdulillah niat kami untuk merespon musibah yang terjadi melalui bantuan, telah bisa direalisasikan saat ini. Niat untuk menyalurkan bantuan ini berawal ketika digelar rapat pengurus IKWAL Kota Padang pada Jum'at tanggal 24 September 2021 lalu di Sekretariat Jalan Rasuna Said No 71," ujarnya.

Diungkapkan bahwa dana yang terkumpul sebanyak Rp 10 juta tersebut, diserahkan kepada Camat Lengayang, Zoni Eldo, yang diwakili Kepala Seksi (Kasi) Sosial, Ernita Nisatri yang dilanjutkan penyerahan kepada panitia penerima bantuan yang diwakili, Daus yang juga merupakan salah seorang korban kebakaran.

Ditambahkannya bahwa bantuan sosial IKWAL Kota Padang itu bersumber dari berbagai kalangan, mulai dari para pengusaha dan pedagang, birokrasi, dan kalangan politisi.

"Semoga masyarakat yang mengalami musibah dapat terbantu dan bersabar menghadapi cobaan ini. Harapan kami semoga bantuan ini dapat meringankan beban, serta juga bisa dimanfaatkan dengan baik oleh warga yang mendapatkan musibah," imbuhnya.

Kasi Sosial, Kantor Camat Lengayang, Ernita Nisatri, saat penyerahan bantuan itu menyampaikan ucapan terimakasih kepada IKWAL Kota Padang yang telah menunjukan kepeduliannya kepada warga kampung halamannya.

"Sebagai Camat Lengayang yang mewakili, dan juga atas nama masyarakat, saya menyampaikan ucapan terimakasih kepada IKWAL Kota Padang. Sebab bantuan ini sangat diharapkan karena bisa meringankan beban warga yang menjadi korban," ujarnya.

Ditambahkannya bahwa sebagai panitia kecamatan dalam menerima dan mengumpulkan bantuan dari para dermawan atas musibah kebakaran itu, dia juga berharap ada kepedulian yang sama dari para dermawan lainnya.

"Sebab bencana kebakaran yang mengakibatkan 14 warga kehilangan mata pencaharian karena kios tempat usahanya terbakar, sampai sekarang masih belum bisa membuka usahanya," ujarnya.

Dia menambahkan walau kejadian itu tidak menimbulkan korban jiwa, tapi kerugian yang dialami korban mencapai Rp 5,8 miliar.

"Sebab selain membuat tempat usaha dan rumah mereka rata dengan tanah, semua barang dagangan dan juga perabotan rumah tangga tidak berhasil diselamatkan," jelasnya

Penyerahan bantuan sosial IKWAL Kota Padang tersebut juga dihadiri pengurus lainnya yakni, Marni Yeni, Hakiman, Memi, Asril dan Damyursal Djimar.(dan/hms pessel)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!