Breaking News

Connect With us

October 30, 2021

Dinkes Pariaman Optimis Capai Target, Pelajar Antusias Ikuti Vaksinasi

Walikota Pariaman Genius Umar memberikan hadiah hasil undian pada salah seorang pelajar pelajar yang mengikuti "Sumdarsi" di panggung pentas seni gandoriah

FS.Pariaman(SUMBAR)-Kepala Bidang (Kabid) Penanganan dan Pencegahan Penyakit Menular Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pariaman, Rio Arisandi mengatakan, pihaknya optimis pencapaian target vaksinasi hingga akhir tahun 2021. Hal tersebut dikatakan Rio Arisandi saat pelaksanaan gebyar vaksin "Sumbar Sadar Vaksin" (Sumdarsin) di pantai gandoriah pada, Sabtu (30/10).


Lanjut Rio, secara umum baru 36% masyakarat Pariaman yang divaksinasi dari target sekitar 74.000 orang, untuk Nakes dan petugas publik serta pelajar sudah mencapai target. Kendala kita masih dimasyarakat umum dan Lansia (Lanjut usia).


Masyarakat umum 18%, Lansia 6%, sedangkan pelajar untuk dosis pertama hampir mencapai 100% yang mana pelaksanaan dan mobilisasi kegiatan vaksinasinya dibantu juga oleh TNI dan Polri dan sekarang masuk vaksinasi dosis tahap dua.


Antrian pelajar dan pengunjung wisata gandoriah untuk mendapatkan vaksin











"Sementara Nakes (tenaga kesehatan) untuk dosis tahap ketiga dengan menggunakan vaksin moderna sudah mencapai 50%, dari 900 orang sudah 488 orang Nakes yang sudah di booster moderna. Namun kita tetap mengejar seluruh tenaga Nakes kita bisa mendapatkan booster moderna,"ucapnya.


Sasaran kita lanjutnya adalah masyarakat umum terutama para Lansia, yang mana mereka ini sangat rentan terhadap penularan kasus covid. Sedangkan untuk kasusnya sudah jauh menurun, dan kita sudah masuk zona hijau, tinggal dua desa lagi yang masih zona kuning,"ujar Rio.


Sedangkan lanjutnya, ketersediaan faksin semuanya mencukupi ada di tempat dan siap digunakan, seperti Astra zeneca, Pfizer, Moderna dan Sinovac.


"Penggunaan dosisnya juga disesuaikan dengan umur dan diatur tekhnisnya. Untuk capaian target, sebagaimana intruksi Menkes, minimal untuk dosis pertama sudah mencapai sasaran 50% dari jumlah jiwa/orang yang akan disasar,"ungkap Rio.


Sehingga di April 2022 masyarakat usia diatas 12 tahun sudah tuntas divaksin semuanya. Namun untuk mencapai target dan langkah penanganan covid 19, supaya cepat berakhir.


Rio Arisandi saat melakukan pengawasan kegaiatan vaksinasi


"Maka pemerintah menggiatkan target vaksinasi ini tuntas hingga akhir tahun 2021, dan kita dapat keluar dari masalah pandemi ini sehingga pemulihan ekonomi dapat juga dilakukan dengan cepat,"pungkas Rio.


Sumbar Sadar Vaksin juga bertabur Berbagai hadiah yang disediakan oleh panitia, baik dari Dinas Kesehatan maupun Puskesmas-Puskesmas yang ada di Kota Pariaman, serta Klinik dan donatur lainya, mulai dari Mesin cuci, kipas angin, dispenser, peralatan elektronik dan hadiah lainya.


Walikota Pariaman yang membuka acara mengatakan, Untuk menarik masyarakat agar mau divaksin, pelaksana kegiatan menyediakan berbagai hadiah.


"bagi yang melaksanakan vaksinasi khusus hari ini, dan terobosan ini cukup efektif, dengan banyaknya peserta vaksinasi yang di gelar di Pantai Gandoriah ini," ujar Genius.


Ia juga menuturkan bahwa saat ini pencapaian Vaksinasi di Kota Pariaman sudah lumayan tinggi diangka 36,40 persen, tetapi untuk Sumbar (Sumatera Barat), masih cukup rendah, diangka 32 persen dan berada di peringkat 4 paling bawah dari 34 Provinsi yang ada di Indonesia.


Salah Seorang pelajar saat faksinasi dosis ke dua, di depan pentas seni gandoriah.

"Pemerintah Sumbar menargetkan pada Sumdarsin ini sebanyak 100 ribu vaksin, dan kita juga menargetkan untuk gebyar vaksin hari ini, sebanyak 1.500 vaksin, dan nanti kita juga menargetkan 1.000 vaksin setiap harinya," tukasnya.


Genius juga didampingi oleh Kapolres Pariaman, AKBP Deni Rendra Laksmana, Dandim 0308 Pariaman, Letkol Czi Titan Jatmiko, dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman, Nazifah.


Teks foto: Dandim 0308 Pariaman memantau pelaksanaan vaksinasi di   Kelurahan Pasir Pariaman


"Kami mengucapkan terimakasih atas antusiasme masyarakat, mahasiswa dan pelajar yang telah datang ke pentas utama Pantai Gandoriah ini, semoga Kota Pariaman segera mencapai Herd Imunity (Kekebalan Komunal), sehingga kita akan segera terbebas dari virus corona ini," ungkapnya.


Orang nomor satu di Kota Pariaman berharap, apabila masyarakat telah sadar dan berduyun-duyun mendatangi vaksinasi, diharapkan sampai bulan Desember 2021 di wilayah Kota Pariaman sudah mencapai 70 persen masyarakat kita yang tervaksinasi, dan mencapai Herd Imunity yang diwajibkan.


Pemko Pariaman menyediakan 15 titik tempat vaksinasi yang tersebar di Pantai Gandoriah ini, dengan menerjunkan seluruh vaksinator yang ada, mulai dari vaksinator di Puskesmas, vaksinator di RSUD Pariaman dan vaksinator klinik-klinik yang ada di Kota Pariaman. Sedangkan vaksinasi untuk mileneal dan komunitas digelar di objek wisata apar mangrove, Kecamatan Pariaman Utara.(Lipsus)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!