Breaking News

Connect With us

October 26, 2021

Pemkab Tanah Datar bersama Komisi IX DPR RI dan BBPOM Padang Gelar Soasilai Pemberdayaan Masyarakat ‘’KIE’’


FS. Tanah Datar (SUMBAR)-
Pemerintah Kabupaten  (Pemkab)  Tanah Datar bersama Anggota Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia  (DPR-RI)  dr. H. Suir Syam, M.Kes, MMR  dan BP POM Padang  menggelar  sosialisasi Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Komunikasi  Informasi dan  Edukasi (KIE). 


Acara  dibuka langsung secara resmi oleh Wakil Bupati  (Wabup) Tanah Richi Aprian, SH, MH di Gedung  Nasional   Maharajo Dirajo, Batusangkar Minggu (24/10/21).


Dalam sambutannya Wabup Richi Aprian mengatakan pengawasan obat, makanan dan komestik sangat penting,karena obat, makanan dan kosmetik adalah kebutuhan mendasar yang berkaitan langsung dengan kesehatan manusia. Maka suatu prodak baik makanan, obat-obatan maupun kosmetik haruslah aman, bermutu dan bermanfaat.


Untuk mewujudkan hal tersebut, lanjut Wabup diperlukan peningkatan pengetahuan masyarakat tentang obat, makanan dan kosmetik yang aman sehingga terhindar dari resiko bahan yang berbahaya bagi kesehatan.


‘’Penyuluhan ini sangat bermanfaat, kami dari Pemda mendukung dan menyambut positif kegiatan yang memberikan informasi dan edukasi ini. Apresiasi dan terima kasih kepada Komisi IX DPR RI dan BP POM yang telah menghadirkan kegiatan ini di Tanah Datar. Semoga kegiatan ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan dan wawasan masyarakat tentang obat, makanan dan kosmetik. Karena kahir-akhir ini sedang marak obat-obatan ilegal, kosmetik yang mengandung bahan berbahaya, obat kimia yang bila digunakan akan berbahaya bagi kesehatan. Apalagi ditambah dengan era globalisasi dimana peredaran barang antar negara semakin ramai, masyarakat banyak yang terperdaya dengan iklan dan tanpa pikir panjang langsung membeli prodak tanpa tahu efek samping yang ditimbulkan oleh prodak itu’’ ujar Wabup.


Wabup menghimbau agar masyarakat khususnya di Tanah Datar untuk cerdas dalam memilih dan menggunakan obat, makanan dan kosmetik.


‘’Jadilah konsumen yang cerdas, sebelum membeli cek prodakyang akan kita beli, baca petunjuk/aturan pakai. Atau bila perlu konsultasikan ke pihak kesehatan’’ lanjutnya


Dalam kegiatan ini juga dilakukan Vaksinasi Covid-19, dengan undangan sebanyak 500 orang.


‘’Alhamdulillah atensi masyarakat sangat luar biasa, semoga kegiatan hari ini dimudahkan dan dilancarkan’’pungkasnya.


Sementara itu dalam paparannya dr. Suir Syam mengatakan ‘’Pemberdayaan masyarakat melalui sosialisasi Komunikasi Informasi dan Edukasi  (KIE ) tentang obat, makanan dan kosmetik  ini dilaksanakan terkait dengan banyaknya industri di Tanah Datar. Kami juga sangat mendukung harapan Pemda Tanaha Datar yang ingin mempunyai Loka POM sendiri’’.

.

‘’Loka POM ini sangat bermanfaat dalam fungsi pengawasan terhadap obat, makanan dan kosmetik. Apalagi Pemda sudah melayangkan surat ke BP POM, Insya Allah kita akan perjuangkan di pusat’’ ujarnya.


Suir Sya juga menghimbau agar masyarakat yang mengikuti vaksin hari ini dapat menjadi Duta Vaksin di Tanah Datar, menyampaikan informasi tentang pentingnya vaksin, keamanan  serta kehalalan vaksin  kepada masyarakat.


‘’Ini tugas kita bersama mensosialisasikan vaksin ini kepada masyarakat, ceritakan pengalaman kita, bahwa vaksin itu aman. Jadi tidak perlu ditakuti, agar kita semua terbebas dari Covid-19’’ tegasnya.


Sementara itu Kepala BB POM Padang Firdaus Umar mengungkapkan hal yang sama. Firdaus juga menyatakan dukungannya untuk kebeadaan Loka POM di Tanah Datar.


‘’Loka POM kalau didirikan di Tanah Datar sangat cocok, sebab Tanah Datar berada di tengah-tengah dengan beberapa Kabupaten/Kota  lain. Apalagi Tanah Datar memiliki lebih  1. 300 Home Industri. Jadi Loka POM sudah sepantasnya ada di Tanah Datar’’ ujarnya.


Pada kesempatan itu dr. Suir Syam, Wabup Richi Aprian dan Kepala BB POM Padang Firdaus Umar juga meninjau dan berdialog langsung dengan peserta vaksinasi Covid--19. Acara dikahiri dengan diskusi dan sesi foto bersama.


Turut hadir dalam acara  Anggota DPRD Tanah Datar Karmita; Kepala Dinas Kesehatan Tanah Datar dr. Yesrita Zendrianis, m. Kes, Camat Lima Kaum,  Kapolsek Lima Kaum serta ratusan warga Tanah Datar yang mengikuti Vaksinasi  Covid- 19. (ML )

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!