Breaking News

Connect With us

October 22, 2021

Wabup Richi Aprian Hadiri Secara Virtual, Grand Launching Pendapat (Strategic Feresight)


FS.Tanah Datar (SUMBAR)-Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI ) menggelar  Gran Launching Buku  Pendapat (Strategic Foresight). Pemerintah Daerah (Pemda ) Tanah Datar yang diwakili   Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian, SH, MH mengikuti  acara tersebut secara virtual melalui Zoom Meeting , Rabu (20/10/2021).


Penyusunan buku ini, sesuai dengan Pasal 11 huruf a Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 15 tahun 2006 tentang Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).


Buku yang berjudul, “Membangun Kembali Indonesia dari Covid-19: Skenario, Peluang dan Tantangan Pemerintah yang Tangguh.” itu di launching di Jakarta dan diikuti secara virtual oleh Bupati/Wali Kota se-Indonesia. 


Ketua BPK RI  Dr. Agung Firman Sampurna mengatakan Foresight BPK dilakukan dalam menghadapi ketidakpastian dengan cara menyusun kajian persepektif jangaka panjang mengenai kondisi, peluang, tantangan dan resiko yang mungkin terjadi di masa pandemi.


Lebih lanjut Agung katakan, Foresight BPK disusun dengan metode skenario planning, menggunakan data hasil pemeriksaan BPK dan data tren, bekerja sama dengan para ahli serta melibatkan Pimpinan dan Kepala Daerah. 


“Ada 4 kemungkinan skenario tahun 2021-2026 yaitu berlayar menaklukkan samudera, mengarung ditengah badai, tercerai-berai terhempas lautan serta kandas telantar surutnya pantai,” kata Dr. Agung.


Dari 4 skenario tersebut, lanjut dia, terdapat 5 tema yang perlu mendapat perhatian pemerintah karena ini akan turut membantu keberhasilan pemerintah dalam mengatasi pandemi dan krisis global di kemudian hari yaitu reformasi kesehatan, reformasi pajak dan keseimbangan fiskal, Visi dan kepemimpinan pemerintah, transformasi digital, tata kelola data dan kualitas sumber daya manusia. 


“Foresight BPK ini bukanlah prediksi tentang masa depan tetapi sarana untuk melihat kembali berbagai asumsi tentang masa depan, masyarakat dan para pengambil keputusan dapat memantau indikator atau sign post yang berguna untuk mengidentifikasi skenario yang sedang terjadi melalui website Strategic Foresight BPK, serta menginspirasi pemerintah pusat dan daerah untuk mulai menerapkan Strategic Foresight,” pungkasnya. (Ml)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!