Breaking News

October 31, 2021

Wako Genius Umar Buka Festival "Silek on The Sea" dan Fotografi 2021


FS.Pariaman(SUMBAR)-Festival "Silek On The Sea" dan "Fotografi" Tahun 2021 Tingkat Sumatera Barat secara resmi dibuka oleh Walikota Pariaman Genius Umar di Pentas Seni Pantai Kata, Kota Pariaman, Sabtu (30/10) kemaren.


Walikota Pariaman, Genius Umar mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pariwisata yang memberikan dukungan penuh kepada Kota Pariaman sehingga Pemko Pariaman bisa melaksanakan festival ini.


“Festival silek on the sea dan Fotografi Tahun 2021 terselenggara berkat dukungan penuh dari Kementerian Pariwisata. Festival ini dilaksanakan Sabtu dan Minggu Tanggal 30 dan 31 Oktober 2021.


Tidak hanya festival silek saja yang dilaksanakan, namun juga ada lomba fotografi dan pameran serta pasar kuliner ekraf.


Kota Pariaman terletak di pesisir pantai barat Sumatera. Pesisir pantai dan pulau-pulau adalah aset Kota Pariaman, sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat dengan adanya kunjungan wisatawan. Dengan melestarikan budaya silek di pesisir pantai, akan lebih menarik wisatawan berkunjung ke Kota Pariaman.


“Festival silek on the sea dan fotografi yang diikuti oleh 19 kabupaten dan kota memperebutkan total hadiah Rp 75 jt dan melibatkan seluruh perguruan silat se Sumatera Barat. Untuk yang dilombakan pada silek ini adalah silek tradisi berpasangan putra dan putri serta lomba fotografi dengan tema Festival Silek on the Sea (FSotS) Kota Pariaman 2021.


Adapun tujuan kegiatan ini dilaksanakan adalah mempromosikan atraksi budaya lokal, Memberikan pembinaan dan penggalian nilai-nilai yang ada pada silet, melestarikan budaya, menambah wawasan kebudayaan pada masyarakat, meningkatkan rasa cinta masyarakat pada budaya tradisi, mempelajari keunikan atraksi sebuah daerah dan menambah nilai ekonomi masyarakat Kota Pariaman.


“Dalam menjalankan roda pemerintahan, tanpa adanya dukungan dari sasaran, komunitas dan masyarakat maka kegiatan yang bertujuan untuk melestarikan nilai-nilai budaya daerah tidak akan dapat berjalan dengan sempurna. Oleh karena itu, saya mengajak semua unsur untuk tetap mempertahan kebudayaan sebagai ciri khas Kota Pariaman sehingga ini menjadi daya tarik tersendiri untuk Kota Pariaman,"ujarnya.


Ia berharap dengan adanya festival ini, kita bersama mampu menjaga dan memelihara nilai-nilai budaya daerah dengan melibatkan generasi muda dalam mendukung setiap kegiatan yang ada pada kegiatan OPD terkait. Tidak hanya itu, saya juga berharap generasi muda dapat melestarikan budaya beladiri silat sekaligus sebagai  pemersatu  antar pemuda.


pembukaan Festival Silek On The Sea dan Fotografi Tahun 2021 dihadiri Direktur Event Daerah Kemenparekraf RI Joko Suharbowo.(war)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!