Breaking News

November 5, 2021

BLK Batusangkar Menempati Gedung Baru


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-
Alhamdulillah Balai Latihan Kerja  (BLK) Batusangkatr  menempati Gedung Baru. 


Gedung BLK yang baru  ini diresmikan langsung oleh Wakil Bupati  (Wabup) Tanah Datar Richi Aprian, SH, MH resmikan Gedung Baru Balai Latihan Kerja (BLK) Batusangkar  Selasa (2/11/2021). Pada  Peresmian Gedung Baru BLK Batusangkar ini juga sekaligus diadakan  Pembukaan Pelatihan Menjahit Bad Cover.


Hal ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Daerah dalam rangka mewujudkan dan mencapai Program Unggulan (Progul)  yang telah dicanangkan dalam kepemimpinan Bupati Eka Putra dan Wakil Bupati Richi Aprian. Satu persatu dan bertahap berbagai langkah mulai dilaksanakan. 


Salah satunya, untuk mencapai Progul Menciptakan Usahawan Baru dan Lapangan Kerja per Tahun, melalui Balai Latihan Kerja (BLK) Batusangkar untuk lahirkan usahawan baru dan ciptakan lapangan kerja, berbagai pelatihan mulai dari menjahit, Boga dan Otomotif secara konsisten dilaksanakan.


Wabup katakan, BLK sebagai salah satu lembaga pelatihan berbasis kompetensi sangat strategis dalam rangka melaksanakan dan mewujudkan Progul Tanah Datar.


Wabup juga katakan menurut dara Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (PMPTSP Naker) tahun 2020 tercatat 5.312 orang pencari kerja. 


“Ada 2.008 orang pencari kerja laki-laki dan 3.304 orang perempuan dengan jenjang pendidikan SLTA, Diploma ataupun Strata Satu atau S1. Untuk itu, guna mendorong peningkatan keahlian dan keterampilan agar mampu membuka lapangan pekerjaan baru, Dinas PMPTSP Naker bersama BLK melaksanakan kegiatan penyiapan tenaga kerja siap pakai diantaranya melalui pelatihan Boga, Souvenir bahkan pelatihan Outomotif. Insya Allah ke depan akan tetap dilaksanakan,” ujar Richi. 


Wabup berharap  seluruh jajaran Pemda dan OPD terkait  dapat mendukung dan membantu  pemasaran hasil produksi serta membing secara  terus-menerus selepas peserta selesai pelatihan. 


“Hasil produksi peserta pelatihan hendaknya mempunyai ciri khas ataupun kelebihan dari produk lain, sehingga menjadi pilihan pertama atau laku di pasaran, mungkin disinilah diperlukan bimbingan dan arahan dari dinas terkait,” tukas Richi. 


Sebelumnya Kadis PMPTSP Naker Zarratul Khairi menyampaikan, pelatihan menjahit Bed Cover akan diikuti 16 peserta selama 15 hari ke depan. 


“Pelatihan menjahit bed cover kali ini sengaja mengambil peserta yang telah ikut pelatihan yang sama dan berpotensi mengembangkan usaha, sehingga keterampilan semakin meningkat, usaha berkembang dan membuka lapangan perkerjaan baru,” ujarnya. 


Gedung BLK Batusangkar yang diresmikan saat ini sebelumnya merupakan  gudang buku yang kemudian direhab menjadi gedung yang lebih menunjang pelatihan lain. 


“Gedung baru ini ke depan bisa dilaksanakan untuk pelatihan kelistrikan, perbengkelan, otomotif dan lainnya. Khusus otomotif, saat ini pelatihan untuk sepeda motor ke depan kita harapkan juga ada pelatihan untuk mobil,” tukasnya. 


Turut hadir Kepala BLK Padang Afridamon J, Ketua GOW Tanah Datar Ny. Patty Richi Aprian, kepala OPD, peserta dan undangan lainnya. (ML)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!