Breaking News

November 9, 2021

Desa Cimparuah Wakili Kota Pariaman dalam Ajang LPM Berprestasi tingkat Sumbar


FS.Pariaman(SUMBAR)-Tim Penilai Lomba LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat) berprestasi dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDes) Provinsi Sumatera Barat yang diketuai Kepala Dinas, Amasrul dan rombongan sambangi Kantor Desa Cimparuh, Kecamatan Pariaman Tengah pada Senin sore (8/11).


Desa Cimparuah mewakili Kota Pariaman dalam ajang penilaian LPM berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Tahun 2021.


Kedatangan Tim Penilai disambut oleh Kepala DPMDes Kota Pariaman, Hendri didampingi Kepala Desa Cimparuah, Maifialdi dan Pengurus LPM.


Kepala Dinas PMDes Kota Pariaman, Hendri dalam sambutannya mengatakan, bahwa LPM harus berperan aktif dalam pembangunan sebagai mitra Pemerintah dan pihak lainnya, supaya LPM nantinya mampu menggerakkan pembangunan di segala aspek kehidupan di tengah masyarakat.


"Dengan dilaksanakannya kegiatan perlombaan ini diharapkan dapat mendorong sinergitas antara peran desa dan partisipasi aktif masyarakat dan lembaga kemasyarakatan di desa dalam proses pemberdayaan dan kemandirian masyarakat ," harapnya.


LPM juga harus bisa menjalankan fungsinya sebagai lembaga yang mampu mengangkat potensi-potensi desanya.


Hendri berharap agar tim penilai dapat menggali lebih dalam lagi kemampuan dari LPM Desa Cimparuah ini, karena sudah banyak inovasi yang telah dibuatnya untuk memajukan potensi desa, buktinya LPM Cimparuah yang dipercaya mewakili Kota Pariaman dalam penilaian ini.


Sementara itu, Kadis PMDes Sumbar, Amasrul selaku Ketua Tim Penilai mengatakan, LPM itu harus mampu mengajak masyarakatnya secara bersama memajukan desa, menjadi desa mandiri.


Amasrul berharap masing-masing desa untuk dapat memberikan informasi sesungguhnya dan tidak dibuat-buat saat penilaian. Kita harapkan memberikan data apa yang dibutuhkan, karena kita bicara dengan data.


"Beberapa aspek yang menjadi penilaian ialah, aspek legalitas kelembagaan, aspek sarana dan prasarana kelembagaan, aspek peningkatan kapasitas dan aspek keterlibatan LPM dalam kegiatan nagari atau desanya ," ujarnya.


Mantan Sekda Kota Padang ini juga menyampaikan, sebagai bentuk apresiasi LPM Berprestasi Tingkat Sumbar 2021 ini akan diikut sertakan dalam studi komperatif di tingkat nasional.


Lanjutnya ada 6 LPM di Sumbar yang masuk nominasi penilaian, salah satunya adalah Desa Cimparuh yang mewakili kota Pariaman.


"Artinya LPM Desa Cimparuh harus diperhitungkan, tidakpun nantinya dapat peringkat pertama. Lima besar sudah digenggaman," pungkas Amasrul menyemangati.(war)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!