Breaking News

November 28, 2021

Gubernur Mahyeldi : Santri Berprestasi Diupayakan Kuliah di Timur Tengah

                                                       28 November 2021

FS.Solok(SUMBAR)-Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi menyebut santri berprestasi akan diupayakan untuk bisa melanjutkan pendidikan di Timur Tengah guna memperkuat SDM dan ilmu keagamaan sehingga bisa berkontribusi lebih besar untuk kemajuan Provinsi Sumatera Barat.


"Beberapa waktu lalu ada salah seorang generasi muda kita yang berhasil menjadi juara pertama dalam STQH Nasional cabang Tafsir. Kita telah bertemu dengan Dubes Arab Saudi untuk mengupayakan agar anak kita itu bisa melanjutkan pendidikan di Madinah. Ini adalah salah satu bentuk upaya kita meningkatkan SDM," kata Gubernur Mahyeldi saat meresmikan Ma'had Rahmatan Lil 'Alamin (RLA) Internasional Islamic Boarding School the leaders FII Dunya, reach Success fil Jannah di Kabupaten Solok, Sabtu (27/11/2021).


Santri yang dikirimkan untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri itu diharapkan bisa menyelesaikan hingga program doktor sehingga saat kembali perannya bisa lebih besar untuk daerah.


Mahyeldi menyebut hasil pertemuan dengan Dubes Arab Saudi itu, direncanakan akan ada 18 Dubes dari Timur Tengah yang akan berkunjung ke Sumbar. Dalam kesempatan itu, kerjasama di bidang pendidikan bisa menjadi salah satu pembicaraan.


"Kita juga menggagas sister province dengan Madinah sehingga anak-anak kita lebih mudah melanjutkan pendidikan di sana," jelas Mahyeldi.


Dengan terbuka lebarnya kesempatan untuk kuliah di luar negeri, ia mendorong santri untuk memacu semangat guna meraih prestasi dan memupuk pondasi yang dibutuhkan sehingga bisa kuliah di luar negeri.


Mahyeldi mengatakan Pemprov Sumbar sangat serius dalam meningkatkan kualitas SDM generasi muda karena menyadari merekalah nanti yang akan menjadi pemimpin, penentu arah bangsa ke depan.


Tidak hanya untuk pesantren, Pemprov Sumbar juga melakukan banyak inovasi guna meningkatkan kualitas lulusan SMA dan SMK.


Sementara itu Bupati Solok Epyardi Asda mengatakan pihaknya menyambut semua investor yang datang ke daerah itu termasuk untuk sektor pendidikan.


"Kami gelar karpet merah bagi investor yang datang ke Solok. Kita berikan semua kemudahan yang bisa diberikan," katanya.


Terkait Ma'had Rahmatan Lil 'Alamin (RLA) Internasional Islamic Boarding School the leaders FII Dunya, reach Success fil Jannah ia berharap bisa menjadi pendukung dalam upaya peningkatan SDM masyarakat di daerah itu.


Turut hadir pada acara itu,  Kakanwil di wakilkan oleh kepala kantor kemenag, Kepala dinas Pendidikan Provinsi, Kepala Dinas pendidikan Kab. Solok, Ketua Yayasan Pendidikan RLA Dr. Muhammad Ridwan, MM bin Herman Nawas, Bendahara Yayasan Siti Rizki Mulyani, S.Pd., MM binti Herman Nawas, Beserta keluarga Yayasan, Mudir Ma'had RLA IIBS H. Yoni Marlius, M.Ed, Rektor UPI YPTK Prof. Dr. Sarjon Defit M.Sc, Ketua Yayasan Baiturrahmah, Rektor Universitas Baiturrahmah, Asatidah wal ustadzh Ma'had RLA IIBS, para asatidz dan tamu undangan lainnya.***


(BIRO ADPIM SETDAPROV SUMBAR)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!