Breaking News

Connect With us

November 18, 2021

Pelaksanaan ANBK Tahun 2021 Sukses Digelar di SDN 040/VII Bernai I Sarolangun Jambi


FS.Sarolangun(JAMBI)-Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) merupakan salah satu terobosan Pemerintah dalam melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap sekolah. ANBK diklaim sangat penting untuk meningkatkan mutu sistem Pendidikan di Indonesia.


Kepala SDN 040/VII Bernai I Kecamatan Sarolangun, Kabupaten Sarolangun Muslihatul Laila, S.Pd. mengungkapkan bahwa Asesmen Nasional ini berfungsi untuk Pemetaan Sekolah dan sangat berpengaruh terhadap penentuan Akreditasi Sekolah.


Kepsek Muslihatul Laila juga mengatakan, Pelaksanaan ANBK 2021 di SDN 040/VII Bernai I Sarolangun ini berlangsung selama empat hari, mulai pada tanggal 15 s.d 18 November 2021. Adapun 


tekhnis Pelaksanaannya, siswa/i  yang menjadi sampel dibagi menjadi dua gelombang, dimana masing-masing gelombang terbagi dalam dua sesi.


Gelombang pertama terdiri dari 40 siswa dan gelombang kedua sebanyak 20 siswa, sehingga jumlah siswa sampel seluruhnya sebanyak 60 orang.


“Kita samplenya 60 orang, teknis pelaksanaannya kita memilih dua gelombang, gelombang, pertama hari Senin dan Selasa yang dijadwalkan pagi dan siang, gelombang kedua hari Rabu dan Kamis.


Setiap gelombang dibagi lagi menjadi dua sesi, setiap sesi isinya 10 orang peserta.” ungkap Kepsek saat itu.


Pelaksanaan ANBK 2021 berlangsung lancar dan tertib dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) ketat. Asesmen Nasional ini tak hanya diikuti oleh siswa maupun siswi saja, akan tetapi diikuti juga oleh Guru dan Kepala Sekolah. Siswa harus mengerjakan tiga instrumen asesmen nasional yakni Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Literasi dan Numerasi, Survey Karakter dan Survey Lingkungan Belajar, sedangkan Guru dan Kepala Sekolah hanya mengerjakan instrumen Survey Lingkungan Belajar."katanya.


Iksan (YP)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!