Breaking News

Connect With us

November 5, 2021

Pemkab Tanah Datar Gandeng Dinas Koperindag Gelar Pelatihan bagi Wirausaha Pemula


FS.Tanah Datar (SUMBAR)- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Datar menggandeng Dinas     Koperasi Perindustrian dan Perdagangan  (Diskoperindag) menggelar Pelatihan   Strategi Managemen dan Market Place bagi wirausaha Pemula Angkatan II Se-Kabupaten Tanah Datar.


 Dibuka langsung oleh Bupai Tanah Datar Eka Putra, SE di Emersia Hotel dan Resort Batusangkar, Selasa (2/11), dan dihadiri oleh  Ketua Dekranasda Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra; Kepala Dinas Koperindag Tanah Datar; Pimpinan Bank Nagari Cabang Batusangkar; Perwakilan OPD terkait serta undangan lainnya.Pelatihan akan berlangsung hingga 04 November  2021 mendatang hari ini.


Melalui Pelatihan ini diharapkan mampu mengatasi berbagai permasalahan perekonomian dalam mendukung percepatan program unggulan (Progul) Tanah Datar yakni membuka 1.000 lapangan kerja dan wirausahawan. 


Dalam samutannya Bupati Tanah Datar yang didampingi Ketua Dekranasda Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra menyampaikan  “Melalui penyelenggaraan Pelatihan Strategi Managemen dan Market Place kita harapkan terwujud angkatan kerja yang mampu mengisi lapangan kerja yang tersedia, karena ke depan Kabupaten Tanah Datar akan terus mengalami kemajuan sejalan dengan misi kedua, tertuang di RPJMD tahun 2021-2026 yakni Meningkatkan Ekonomi Masyarakat dan Perluasan Lapangan Kerja Yang Berbasis Pertanian dan UMKM dengan progulnya menciptakan usahawan baru dan lapangan pekerjaan,” .


Eka Putra juga katakan bahwa UMKM adalah Pilar Perekonomian maka diharapkan UMKM yang ada di Kabupaten Tanah Datar agar jeli melihat peluang   serta dapat memanfaatkan digitalisasi dengan sebaik-baiknya untuk,  bisa mengembangkan UMKM yang berbasis digitalisasi melalui Media Sosial seperti Facebook, Instagram, serta market Place seperti  Tokopedia dan Shopee. 


Tidak hanya itu Bupati Eka Putra juga mengajak bagi pelaku UMKM  untuk memahami dan belajar " ilmu manajemen, cara pemasaran produk yang baik, karena  menurut pantauan beliau di Tanah Datar  hal tersebut  belum maksimal serta tidak mampu memanfaatkan Media Sosial yang ada.


Eka Putra berharap  dengan diadakannya pelatihan ini diharapkan pelaku UMKM se-Tanah Datar bisa memanfaatkannya dengan baik sehingga nantinya mampu bersaing dalam situasi pasar apapun. 


“Mari manfaatkan kegiatan kita ini sebagai wadah untuk bertukar pikiran dan informasi demi pengembangan dan pemberdayaan UMKM di kabupaten Tanah Datar, dan tentunya akan meningkatkan taraf perekonomian masyarakat," ajak Bupati Eka. 


Eka Putra juga ingatkan agar Pelaku  Usaha Kecil Menengah Mikro  (UMKM)   selalau menerapkan Prokes  karena UMKM adalah  pilar dan tonggak keberhasilan perekonomian di suatu daerah, UMKM diharapkan mampu membaca dan menyesuaikan situasi dan kondidi pasar saat ini, terlebih dalam situasi Covid—19 yang melanda seluruh dunia.


Terkait hal tersebut, Bupati Tanah Datar mengajak agar seluruh Pelaku UMKM di Kabupaten Tanah Datar senantiasa menerapkan Protokol Kesehatan dalam menjalankan  usahanya.


‘’Dalam menghadapi tantangan perekonomian di masa pandemi Covid-19 ini pelaku UMKM harus terapkan prokes untuk menarik konsumen. Untuk itu saya harapkan kepada seluruh warga Tanah Datar terutama Bapak/Ibu yang menjadi peserta hari ini agar segera melakukan Vaksin, bangi yang belum.  Sebagai contoh  dapat dituliskan di depan toko atau di Medsos ‘’Kami Sudah Vaksin’’.Ini bisa menarik konsumen, apalagi saat situasi Covid sekarang ini konsumen butuh yang aman dan sehat. Dan jangan lupa karyawan/ pemilik usaha usahakan sudah di vaksin dan selalu menerapkan prokes” ujar Eka Putra pada saat pembukaan Pelatihan Strategi Managemen dan Market Place bagi 


Sementara sebelumnya Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Kabupaten Tanah Datar Dafrizal mengatakan bahwa pelatihan yang diikuti oleh 30 peserta UMKM Pemula se Kabupaten Tanah Datar ini akan berlangsung selama kurang lebih 3 hari yaitu dari tanggal 2-4 November mendatang.  


‘’Adapun Narasumber yang akan dihadirkan adalah Deputi Pengembangan Bisnis  Creative Cities Network  (ICCN) Indonesia, Widyaiswara; Uptd. Balai Pendidikan dan Latihan Koperasi, PMPTSP Naker; Dinas Kesehatan Tanah Datar; MUI dan dari Dinas Koperindag Tanah Datar.


Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Tanah Datar  juga menyatakan siap membantu para Wirausahawan di Tanah Datar, Luhak Nan Tuo untuk mengembangkan usaha dan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).



"Sebagai ketua Dekranasda, saya siap membantu para wirausahawan yang ada di Tanah Datar. Kita masih harus banyak belajar, jatuh bangun usaha itu sudah biasa, tapi kita harus punya motivasi untuk bangkit dan bangkit lagi," ungkap Ny. Lise. 


Ny. Lise juga  sampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Tanah Datar melalui Dinas Koperindag yang melaksanakan pelatihan bagi wirausaha pemula dengan harapkan bisa melahirkan wisausahawan baru dan bisa membuka lapangan kerja untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. 


“Menjadi seorang Wirausahawan harus berani tanggung resiko dan yakinkan niat dengan 2M, (Mau dan Mulai) artinya harus memiliki kemauan dan siap untuk memulai usaha, serta fokus diiringi tekad keras dan mampu mencari peluang-peluang untuk memasarkan," tambahnya.


Ny. Lise tambahkan, Pemerintah Daerah Tanah Datar  sudah mempunyai rumah kemasan dan itu dapat kita manfaatkan untuk mengemas produk yang dihasilkan dan Dekranasda Tanah Datar siap untuk  berbagi pengalaman mulai dari membuat produk, mengemas dan memasarkan. 


 Ny. Lise juga berpesan kepada peserta pelatihan agar memanfaatkan momen pelatihan ini untuk menimba ilmu, mengikuti kegiatan dengan baik dan tetap semangat dalam mengembangkan usaha.


‘’Tetap semangat, terus belajar dan jangan putus asa. Gagal dalam berusaha adalah hal biasa, namun kita harus bangkit, bangkit dan bangkit lagi, yakin tidak ada usaha yang menghianati hasil’’ pungkasnya. (ML)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!