Breaking News

Connect With us

November 10, 2021

Tingkatkan Pembinaan Warga Binaan, Rutan Salto Maksimalkan Lahan Rutan untuk Bercocok Tanam


FS.Sawahlunto (SUMBAR)- Dalam rangka meningkatkan pembinaan terhadap Warga Binaan/Narapidana (Napi), Rumah Tahanan Kelas II B Sawahlunto (Rutan Salto) terus melakukan dan mengupayakan kegiatan-kegiatan yang bersifat  positif. Hal ini dilakukan untuk memupuk dan membentuk karakter para Warga Binaan/Napi.


Selain dibekali dengan ketrampilan membuat kerajinan, Warga Binaan/Napi di Rutan Salto juga diajarkan cara bercocok tanam, dengan memanfaatkan lahan Rutan. Tanaman yang ditanam antara lain sayur-sayuran, terong dan juga cabe.


Kegiatan ini langsung dikerjakan oleh Warga Binaan/Napi di bawah bimbingan dan Pengawasan para petugas Rutan.


"FD" salah seorang Warga Binaan mengatakan, dirinya mengaku senang dan sangat mendukung dengan adanya kegiatan bercocok tanam ini.


"Selain sebagai ganti olahraga dan menyehatkan tubuh,kita juga mendapat ilmu bagaimana bercocok tanam ini" ujar "FD" Selasa (9/11/2021).


Warga Binaan lain "Y" juga menyampaikan hal yang senada. "Y" mengatakan sangat mendukung program-program pembinaan yang dilakukan oleh Rutan Salto.


"Selain dibina karakter, budi pekerti dan akhlak untuk menjadi lebih baik, kita disini juga dibekali dengan ketrampilan seperti membuat kerajinan tangan, dan sekarang ini berkebun. Saya selaku Warga Binaan dan teman-teman lain tentunya sangat bersyukur dan berterima kasih dengan adanya program-program pembinaan di Rutan Salto ini" ujarnya.


Kepala Pengamanan Rutan (KPR) Ihsan Al Afaf, SH mengatakan kegiatan pembinaan ini dilakukan untuk meningkatkan ketrampilan para Warga Binaan dan yang paling utama menumbuhkan karakter sebagai sosok manusia yang lebih bertanggung jawab.


"Kegiatan bercocok tanam ini dilakukan langsung oleh Warga Binaan dengan memanfaatkan lahan Rutan. Harapannya untuk meningkatkan ketrampilan dan menumbuhkan karakter para Warga Binaan. Selain itu lahan/pekarangan akan terlihat lebih bersih dan rapi, terawat yang diharapkan dapat meningkatkan/menunjang kesehatan para Warga Binaan kita. Selain itu, hasil dari bercocok tanam, kalau berhasil nantinya dapat dinikmati atau dapat membantu operasional dapur Rutan" ujar Ihsan Al Afaf.


Sementara Kepala Rutan (Karutan) Subhan Malik, Amd.IP, S.Sos mengatakan, bahwa sesuai dengan Visi Misi Kemenkumham dan Tata Nilai Kemenkumham "PASTI (Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan dan Inovatif), Rutan Salto akan terus berupaya meningkatkan program-program pembinaan dan pelayanan terhadap Warga Binaan/Napi lebih baik lagi.


"Semua kegiatan ini kita laksanakan dalam rangka melakukan pembinaan dan pelayan  terhadap Warga Binaan/Napi.Dan kami akan terus berusaha untuk mewujudkan Rutan Salto yang semakin PASTI" pungkas Subhan Malik.(ML)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!