Breaking News

November 26, 2021

Yayasan Pelita Jaya Insani Gelar Sosialisasi P4GN


FS.Padang(SUMBAR)-Yayasan Pelita Jaya Insani Menggelar Sosialisasi Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) digelar Yayasan Pelita Jaya Insani, pada Jum'at (26/11) di Pangeran Beach Hotel Padang.


"Presiden menetapkan Indonesia darurat narkoba maka perlu susunan perda P4GN dan sosialisasi pelaksanaan deteksi dini, pemberdayaan masyarakat, pemetaan wilayah rawan serta peningkatan kapasitas pelayanan rehab medis, peningkatan dinas terkait dan pihak lain," ujar Kepala Yayasan.


Dalam kegiatan dilakukan vokasional, penyedian data dan infornasi P4GN, guna pencegahan, antisipasi dini, penanganan dan partisipasi masyarakat, rehabilitasi,  pendanaan serta sanksi.


Kegiatan ini dibuka oleh Gubernur Sumbar diwakili Kepada Badan Kesbangpol Provinsi Sumbar.


"Pemerintah sangat mendukung penanganan permasalahan narkoba tidak mungkin bisa berhasil kalau hanya ditangani oleh satu instansi yaitu BNN saja," kata Kepala Kesbangpol.


Ditingkat pusat harus ditangani lintas kementrian/lembaga, ditingkat daerah dan harus lintas OPD dan instansi vertikal didaerah dan ditingkat desa harus melibatkan lembaga kemasyarakatan desa dan lembaga adat desa (LKD dan LAD).


"Masing - masing pemda harus menyediakan pendanaan dan program kegiatan terkait pencegahan narkoba. Guna membentuk Satgas dan program,  berkordinasi pada masing - masing pemda, baik provinsi maupun kabupaten/kota dan melibatkan seluruh pemangku kepentingan," ujarnya.


Ia membeberkan strategi dalam mengerakan program P4GN di Kabupaten dan kota yaitu optimalisasi pelaksanaan P4GN di daerah. Pelibatan lembaga pemerintah dan seluruh  komponen masyarakat dalam P4GN.


Disamping itu dibutuhkan penyebarluasan informasi tentang bahaya narkoba melalui berbagai media. Penguatan lembaga rehabilitas pencandu dan korban penyalahgunaan narkoba lalu engakuan hukum kejahatan narkoba.


Evi Yandri Rajo Budiman anggota DPRD Provinsi Sumbar mengatakan, "sosialisasi P4GN dilakukan bagi aparatur, generasi muda, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat se kota Padang," katanya.


Ia berharap kepada peserta yang hadir diseminar ini, setelah pulang dari sini agar dapat menyalurkan ilmu yang didapat dari mengikuti acara ini tujuannya agar semua masyarakat terhindar dari narkotika. (Fitya)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!