Breaking News

Connect With us

December 15, 2021

Bekerjasama dengan Kemenag, Rutan Salto Canangkan Program Belajar Mengaji


FS.Sawahlunto(SUMBAR)- Sebagai tindak lanjut Nota Kesepakatan (Memorandum of Understanding/MoU) antara Rumah Tahanan Kelas II B Sawahlunto (Rutan Salto) dengan Kementerian Agama (Kemenag) Sawahlunto yang ditandatangani oleh Karutan Subhan Malik bersama Kepala Kemenag beberapa waktu lalu, Rutan Salto mencanangkan program kerohanian dan keagamaan Belajar Mengaji.


Terkait hal tersebut, Kemenag Sawahlunto melakukan kunjungan ke Rutan Sawahlunto.


Menurut keterangan Kasubsi Pelayanan Tahanan (Peltah) Afrinaldi, S.IP , Rabu (15/12/21), kunjungan Tim Penyuluh Kemenag Sawahlunto pada Senin (13/12) tersebut adalah dalam rangka memulai memberikan materi-materi di bidang keagamaan salah satunya yaitu belajar mengaji.


Untuk melaksanakan program tersebut, Kemenag Sawahlunto telah menerjunkan Tim yang terdiri dari 17 orang, yang akan mengajar langsung Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Salto untuk belajar mengaji dan ilmu  agama lainnya.


"Hari Senin kemaren juga sudah dilakukan Tes sekitar Pukul 09.30 kepada WBP kita, dan sudah dikelompok-kelompokkan berdasarkan penguasaan materi/agama. Kami telah mendata WBP (diantaranya : nama, sisa masa tahanan, sudah bisa baca Qur'an/belum, Shalat) yang kemudian akan dikelompokkan mana yang bisa mengaji/belum, mana yang lancar baca Alquran/mana yang belum. Kelompok-kelompok ini yang nantinya akan diajari oleh Tim dari Kemenag" jelas Afrinaldi.


Sementara Karutan Subhan Malik menyampaikan terima kasih kepada Kemenag Sawahlunto yang telah bekerjasama dengan Rutan Sawahlunto di bidang Agama dan Kerohanian.


"Terima kasih kepada Kemenag Sawahlunto yang telah menerjunkan Timnya untuk mensukseskan program belajar mengaji di Rutan Salto, mudah-mudahan berjalan dengan lancar.Kita berharap kerjasama  dan sinergitas ini dapat terus berlanjut kedepannya" ujar Subhan Malik.


Sementara KPR Ihsan Al Afaf berharap dengan adanya kerjasama antara Rutan Salto dengan Kemenag, program belajar mengaji bisa berjalan dengan lancar.


"Harapannya program belajar mengaji ini berjalan dengan lancar, sehingga WBP kita bisa mengaji dan baca Al Qur'an seluruhnya, Shalat dan ketrampailan lainnya di bidang keagamaan dan kerohanian. Sehingga keluar dari sini bisa berkepribadian dan berkarakter lebih baik lagi. Untuk Rutan Salto semoga semakin bisa meningkatkan pelayanan terhadap WBP lebih baik lagi" pungkas Ihsan Al Afaf.(ML)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!