Breaking News

Connect With us

December 5, 2021

Ketua DPRD Sumbar Salurkan Bantuan Alat Pengelolaan Sampah pada Masyarakat Mungka


FS.Payakumbuh(SUMBAR)-Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat, Supardi menyalurkan bantuan peralatan pengelolaan sampah untuk kelompok masyarakat Mungka, Kabupaten LimaBantuapuluh Kota, Provinsi Sumatera Barat. 


"Kita sengaja menyalurkan bantuan pengelolaan sampah 3 R berbasis berbasis masyarakat dan Nagari serta penyerahan bantuan peralatan pengelolaan sampah untuk kelompok masyarakat, agar dapat mendorong perekonomian," ujar Supardi di Mungka, Kabupaten Limapuluh Kota, Sabtu, 4 Desember 2021.


Menurut Supardi, pihaknya mendorong program dalam pengelolaan sampah, karena dapat meningkatkan kapasitas pengelolaan sampah.


"Pengelolaan sampah tidak terkelola dengan baik selama ini, agar dapat menjaga kelestarian bumi," ujar Supardi merupakan Politisi Partai Gerindra Sumbar ini.


Lanjut Supardi akrab disapa guru ini  ada beberapa program dilakukan dalam pengelolaan sampah.


"Untuk saya merealisasikan dua alat pencacah sampah sampah melalui dana pokok pikiran,  khusus untuk Nagari Mungka ada inovatif   dilakukan anak muda Mungka lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB).


"Kita sengaja bantu dua kelompok melakukannya banyak, karena dampaknya terbantu dari petani hingga ibu rumah tangga," ujar Supardi disebut- sebut calon kuat Wali Kota Payakumbuh akan datang ini.


Dikatakan Supardi, pihaknya masih mendalami program strategis gubernur, karena ada tercantum menciptakan enterpenur, namum belum jelas secara konsep.


"Secara kebudayaan Minang itu telah tertanam konsep, banyak anak-anak muda melakukan inovasi, namun belum cukup ruang itu tugas pemerintah, apalagi Kabupaten Limap Puluh Kota banyak menyimpan potensi disegala bidang," ujar Supardi ramah kepada semua kalangan ini sembari menambahkan kita yakin dan percaya dengan kepiawaian kadis Dinas Lingkungan Hidup bisa menarik dana dana pusat khususnya kementerian lingkungan hidup.


Kepala dinas Dinas Lingkungan Hidup Sumbar Sti Aisyah mengatakan, pengelolaan sampah di Sumbar  menangani 70 persen pada tahun 2022, pendekatan teknologi harus, pengelolaan sampah kelompok kelompok eksis, agar bisa berkembang.


"Kita mendorong kelompok masyarakat di Nagari Mungka, karena  dua kelompok mengelola sampah untuk dapat meningkatan estetika sampah merancang menjadi bahan berguna seperti pelajar SMK dua di Payakumbuh dan pemberdayaan masyarakat harus didorong pemerintah Kabupaten dan Kota.


Bupati Lima Puluh Kota mengatakan, pihaknya berterima kasih sekaligus mengapresiasi, karena bantuan peralatan pengelolaan sampah merupakan penghargaan bagi untuk masyarakat.


"Masalah sampah merupakan tanggung jawab bersama, sentuhan teknologi harus disertakan agar pengelolaan pembuangan lebih optimal," ujar Bupati.


Menurut Bupati, jangan ada lagi masyarakat membuang sampah di jalan, tugas bersama untuk memberikan ruang gerak kemana cita cita.


"Merdeka belajar bisa diambil dari mana saja, karena anak muda harus diberi ruang penggangunaan telepon seluler harus diawasi," ujar Bupati. 


Tampak acara dihadiri Bupati Kabupaten Limapuluhkota, Ketua DPRD Kabupaten Limapuluhkota dan masyarakat Nagari Mungka dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.(uck)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!