Breaking News

Connect With us

December 18, 2021

Seekor Sapi Mati Terendam Banjir di Nagari Toboh Gadang, Padang Pariaman

Warga sedang mengevakuasi sapi yang mati terendam banjir


FS.Padang Pariaman(SUMBAR)-Seeokor sapi milik warga Korong Toboh Gadang Baru, Nagari Toboh Gadang Timur, Kecamatan Sintoga (Sintuak Toboh Gadang), Padang Pariaman ditemukan mati terendam banjir pada Sabtu pagi (18/12).


Curah hujan yang cukup tinggi melanda Padang Pariaman semenjak Jum'at (17/12) pagi kemaren hingga Sabtu (18/12) menyebabkan sungai Batang Tapakis tidak mampu menampung debit air yang cukup tinggi sehingga meluap dan merendam beberapa nagari yang ada disekitarnya termasuk ladang dan sawah milik petani.


Guna membantu warga yang terdampak banjir, Babinsa Serda Topitman terjun langsung ke lokasi bersama badan musyawarah nagari (BAMUS) Jon Kenedi.


Diperkirakan ada sekitar 18 rumah yang terendam banjir di wilayah Nagari Toboh Timur, Korong Toboh Baru dan Toboh Gadang, Kecamatan Sintoga. Kemudian banjir juga merendam Nagari Tapakis dan Kampung Gelapung, Kecamatan Ulakan Tapakis.


Untuk korban jiwa nihil, hanya saja warga terdampak mengalami kerugian materil berupa ternak yang mati dan sawah yang terendam banjir.


Danramil 05/ Lubuk Alung, Kapten Arm Azral mengatakan, curah hujan yang tinggi mulai dari kemarin malam hingga Sabtu pagi mengakibatkan aliran anak sungai dan parit meluap menggenangi rumah warga. Ketinggiannya diperkirakan mencapai 70 cm.


"Telah kita instruksikan kepada seluruh Babinsa Koramil 05 Lubuk Alung untuk tetap siap dan siaga dalam mengantisipasi hujan dengan curah yang tinggi terjadi lagi,"ujarnya.


Lanjutnya, untuk saat ini kondisi banjir sudah surut seiring dengan berhentinya hujan dan kegiatan warga di bantu personel Babinsa membersihkan rumah-rumah warga dan mengevakuasi para lansia yang terjebak tidak bisa berjalan.(wrm)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!