Breaking News

Connect With us

January 11, 2022

Dinas Pendidikan Padang Pariaman Jalankan 4 Program Peningkatan SDM


FS.Padang Pariaman(SUMBAR)-Dalam rangka meningkatkan kualitas SDM dan kinerja tenaga pendidikan disetiap sekolah, Kepala Dinas pendidikan Padang Pariaman, Anwar Sahli mengatakan telah menjalankan 4 Program unggulan.


"Yang pertama penguatan ilmu agama dengan praktek ibadah untuk anak-anak disekolah, mulai dari TK, SD dan SMP.  ini merupakan tanggung jawab dari Kepala Sekolah, ke pada guru kelas masing-masing. Caranya setiap pagi, guru mengecek shalat harian siswanya dengan memberikan tanda pada buku agenda shalat wajib siswa,"ujar Anwar, Selasa (11/01).


Jika shalat diberi tanda betul, jika tidak diberi tanda silang. Artinya akan menimbulkan rasa malu juga terhadap diri siswa tersebut, jika malas dalam beribadah.


"Gunanya sebagai pembelajaran dan memberikan efek jera pada siswa. supaya siswa tidak melupakan lagi kewajiban shalatnya dan membiasakan diri beribadah tanpa paksaan dan pengawasan guru ,"ungkap Anwar.


Yang kedua lanjutnya, mengulang dan mengingatkan kembali kepada siswa tentang rukun Islam dan rukun iman. Karena ada diantara siswa yang sudah lupa, tentunya akan berdampak juga kepada ibadah dan perilaku siswa.


"Ke-3, setiap Jum'at pagi, siswa praktek shalat jenazah di lokal masing-masing. jadi setelah mereka bisa melaksanakan proses dan tatacara shalat jenazah. Tentunya ini sebagai bekal ilmu oleh siswa ditengah-tengah masyarakat. Khususnya bagi diri sendiri, jika suatu saat nanti ada orang tuanya yang meninggal dunia,"tangkas Anwar.


Ke-4 sambungnya, peningkatan K3 sekolah, karena menciptakan suasa bersih itu tidak hanya ketika akan ikut perlombaan. "Setiap hari lingkungan harus bersih, dan ini juga merupakan bagian dari ibadah dalam menjaga kebersihan,"tutur putra Pauh Kambar itu.


Kita juga sering melakukan sidak kesekolah-sekolah. "Dan juga turun kelapangan. Membuka hubungan sosial dan komunikasi dengan siswa, guru, orang tua dan masyarakat dilingkungan dunia pendidikan,"ungkapnya.


Lebih jauh ia mengatakan, program seperti ini otomatis akan mendekatkan hubungan kita dengan lingkungan sekolah dan orang tua siswa.


"Sehingga setiap persoalan yang muncul di sekolah maupun siswa. dapat dengan cepat kita pecahkan dan carikan solusinya bersama. Termasuk kenakalan remaja," tutup Mantan Camat Enam Lingkung itu.(wrm)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!