Breaking News

Connect With us

January 5, 2022

Perantau Merupakan Elemen Penting dalam Membangun Kampung Halaman


FS.Tanah Datar (SUMBAR)- Perantau  merupakan elemen penting dalam membangun kampung halaman. Tidak bisa dipungkiri, di Tanah Datar sudah banyak keberhasilan pembangunan baik fisik maupun non fisik yang mendapat uluran tangan para perantau. Karena itu Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar pun menyadari peran dan partisipasi perantau yang sangat besar dalam menentukan keberhasilan pembangunan di Tanah Datar.


Bupati Tanah Datar Eka Putra menyampaikan hal tersebut pada saat menghadiri Khitanan Massal yang digelar oleh Paguyuban Perantau Bakanti IX Koto, Nagari Lubuk Jantan Kecamatan Lintau Buo Utara (LBU)


Dilansir dari laman Facebook Prokopim Tanah Datar pagi ini, acara Khitanan Massal yang juga dihadiri oleh  Ketua TP PKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra, Camat Lintau Buo Utara Arif Gani, Kabag Prokopim Dedi Tri Widono, Kepala Puskesmas, Wali Nagari, perantau, pengurus Bakanti dan ratusan masyarakat LBU ini digelar Minggu (2/2/2021) di Puskesmas Lintau Buo Utara I di Nagari Lubuk Jantan. 


"Saya menyampaikan apresiasi, penghargaan setinggi-tingginya dan terima kasih kepada Bakanti Lintau IX Koto yang melaksanakan kegiatan khitanan massal ini, karena turut membantu pemerintah daerah," katanya. 


Tentunya, tambah Eka, pelaksanaan khitanan masal ini membantu masyarakat untuk khitankan anaknya, apalagi kegiatan ini menjadi yang ke enam kalinya dilaksanakan. 


Eka Putra berharap apa yang dilakukan Paguyuban Perantau Bakanti ini bisa menjadi contoh organisasi-organisasi lainnya untuk lebih semangat membangun kampung halaman.


Terlepas dari peran perantau, Eka katakan bahwa Pemerintah Daerah juga terus berupaya melaksanakan program dan kegiatan untuk membantu generasi muda di Tanah Datar, seperti membantu biaya pendidikan dan biaya masuk perguruan tinggi negeri. 


"Khusus di bidang pendidikan, kita telah komitmen tidak ada anak Tanah Datar yang tidak bersekolah atau putus sekolah karena alasan tidak ada biaya. Di bidang agama kita meluncurkan program 1 Rumah 1 Hafiz/hafizah, agar minimal 20 tahun ke depan hadir masyarakat penghafal Al Qur'an," ungkapnya. 


Terakhir Bupati Eka, menyampaikan harapannya agar apa yang dilaksanakan Bakanti dinilai amal ibadah dan dibalasi pahala oleh Allah SWT. 


Sebelumnya perwakilan Bakanti Evi Syafitri menyampaikan, Bakanti yang merupakan organisasi alumni SMP Tahun 1984 dan SMA 1987 dari Lintau X Koto yang saat ini anggotanya tersebar di seluruh Indonesia.


"Alhamdulillah, Bakanti tetap bertahan dan kompak, terutama dalam melaksanakan berbagai kegiatan sosial untuk kampung halaman, seperti bedah rumah, kegiatan hafizh, lomba maraton 10 kilometer dan kegiatan khitanan seperti hari ini yang sudah dilaksanakan 6 kali semenjak 2015 lalu," katanya. 


Evi juga menyampaikan terima kasih atas dukungan pemerintah daerah, mulai dari Bupati, pihak Puskesmas, Camat, Wali Nagari dan para donatur.(ML)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!