Breaking News

January 9, 2022

Walikota Pariaman Antarkan Sumbangan Kemanusiaan pada Korban Bencana Gunung Semeru ke Lumajang


FS.Pariaman(SUMBAR)-Walikota Pariaman Genius Umar, antarkan sumbangan kemanusiaan bencana letusan gunung Semeru ke Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur pada Minggu (9/01).


Bantuan Kemanusiaan Korban Bencana yang dihimpun dari sumbangan ASN Kota Pariaman, diterima secara simbolis oleh Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, sejumlah Rp.100 juta.


Genius Umar, dalam  kesempatan tersebut menyampaikan turut duka dari masyarakat Kota Pariaman atas musibah yang melanda daerah Lumajang yang diterpa oleh meletusnya gunung semeru beberapa waktu lalu.


"Maka kita bersama ASN se-Kota Pariaman, berinisiatif untuk sedikit menyisihkan dari rezki kita untuk sedikit membantu para korban yang terdampak letusan gunung semeru ini, semoga masyarakat disini sedikit terbantu dengan bantuan ini. Kita kota Pariaman juga merepukakan daerah yang rawan bencana yaitu gempa dan ancaman tsunami, makanya kalau melihat suatu daerah tertimpa bencana, rasa empati masyarakat pariaman tergugah dan secara spontan berkengininan ikut meringankan beban saudara kita yang di lumajang, " kata Genius kepada Thoriq.


Kepada Bupati Lumajang, Genius sampaikan Kabupaten Lumajang harus segera bangkit kembali usai dilanda musibah ini, bahkan ia berbagi trik dan tip dalam upaya percepatan pembangunan infrastruktur yang rusak akibat bencana tersebut.


" Perlu perencanaan dan tata kelola pembangunan infrastruktur yang cepat melalui kementerian terkait, karena Kabupaten Lumajang rawan bencana maka diperlukan sistem pembangunan kawasan yang ramah dan aman terhadap bencana alam, seperti pengelolaan aliran lahar, drainase saluran sungai dan ketahanan bangunan terhadap guncangan gempa akibat letusan gunung," ujar Genius.


Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, menyebutkan, saat terjadinya letusan, terdapat 58 orang korban meninggal dunia dan 10.400 orang warga lainnya kehilangan tempat tinggal dan hidup di pengungsian.


 "Bahkan, untuk mengantarkan bantuan saja kita membutuhkan sepeda motor untuk sampai ke beberapa titik lokasi dan menempuh waktu 20 menit,"ujarnya.


Thoriqul Haq, juga menggambarkan tentang bagaimana kondisi wilayahnya pasca terjadinya erupsi gunung semeru tersebut, karena daerahnya memang memiliki gunung berapi dan seringkali juga abrasi di daerah pinggir lautnya.


Ia mengucapkan terimakasih dan salam hangat kepada masyarakat Kota Pariaman, khususnya bagi yang telah ikut berpartisipasi dalam penggalangan bantuan kemanusiaan bagi korban gunung meletus di daerahnya itu.


"Semoga para donasi yang memberikan bantuan ini dinilai pahala dan ibadah oleh Allah SWT, dan mohon doa restunya untuk kita agar kembali bangkit pasca terjadinya musibah ini," tutupnya mengakhiri. (war)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!