Breaking News

February 9, 2022

Atasi Abrasi Pantai, Kota Pariaman akan Bangun Groin T di Balai Naras


Gambar : ilustrasi

FS.Pariaman(SUMBAR)-Walikota Pariaman Genius Umar mengunjungi Pantai Balai Naras, Kecamatan Pariaman Utara, Lokasi akan dibangunnya Groin T pada Selasa (8/01).


Genius Umar  ditemui oleh Consultan Perencana, Safrri Daus dan timnya di lokasi tersebut


"Groin system merupakan salah satu bentuk dari konstruksi pengaman pantai yang dibangun tegak lurus garis pantai atau memanjang kearah laut. Ada beberapa tipe groin, yang secara umum terbagi 3 (tiga) yaitu Tipe I, Tipe L dan Tipe T," ujar Genius Umar.


Lanjut Genius, groin merupakan struktur pelindung pantai yang berfungsi untuk menahan transpor sedimen sepanjang pantai.


Selain itu lanjut Genius, fungsi groin lainya yaitu untuk memperbaiki garis pantai yang sudah tererosi dan mengurangi atau menghentikan erosi yang terjadi.


"Karena daerah sepanjang pantai Balai Naras ini dahulunya pernah terjadi abrasi Apalagi saat ini kita akan membangun jalan baru Non Budgeter di sepanjang pantai di Pariaman Utara ini, karena itu untuk mencegah kembalinya terjadi abrasi nantinya, kita akan membangun Groin Tipe T di kawasan ini," ungkapnya.


Karena itu sambungnya, untuk mempercepat proses pembangunan Groin ini, dirinya mengundang consultan perencana yang khusus menangani masalah ini, dan berharap agar hal ini dapat segera dibikinkan perencanaanya, untuk pembangunan lebih lanjut.


"Kita tidak perlu lagi menambah groin disetiap batu grib yang sudah ada, cukup di satu batu grib saja yang kita panjangkan untuk penambahan material batu, baja atau material lainya untuk membuat groin Tipe T di Balai Naras ini, dan kita berharap hal ini dapat segera diselesaikan oleh consultan nantinya," tutupnya.


Sementara itu Consultan Perencana, Safrri Daus yang merupakan mantan ASN di Balai Wilayah Sungai Sumatera V Padang, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Kementerian PUPR ini, sangat antusias dengan ide Walikota Pariaman, Genius Umar untuk membangun Groin T di Pantai Pariaman.


"Hari ini, kami meninjau kondisi di lapangan yang ada di sepanjang pantai di kawasan Pariaman Utara yang rencana Pak Wali akan dibangun Groin Tipe T sebagai bangunan pengaman pantai, yang nantinya akan mempunyai banyak fungsi, dan ternyata baik sekali dan bisa untuk kita bangun Groin Tipe T ini," tuturnya.


Pembangunan Groin tipe T ini sangat efektif sebagai pencegah terjadinya abrasi, dan nantinya, dengan panjang yang cukup ketengah laut, Groin ini juga dapat berfungsi sebagai tambatan kapal nelayan dan juga kapal wisata nantinya.


"Kita nantinya akan memperpanjang salah satu Groin yang sudah ada, sehingga Groin ini juga berfungsi sebagai dermaga, dan kondisi ini sudah pernah kami buat di Sungai Pisang di Tahun 2019 sepanjang 120 Meter, dan Pantai Bungus di Tahun 2020 kemaren, dan kita juga berharap hal ini juga dapat terwujud di Kota Pariaman," tutupnya.(wrm)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!