Breaking News

Connect With us

February 1, 2022

Bupati Pesisir Selatan Ajak Petani Tanam Jagung

                                                           01 Februari 2022

FS.Pessel(SUMBAR)-Kabupaten Pesisir Selatan memiliki lebih kurang 4000 hektare lahan potensial yang bisa ditanami jagung untuk peningkatan ekonomi petani. Hal itu dikemukakan Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar, Senin (31/1) di Painan.


Bupati Rusma Yul Anwar lebih lanjut menegaskan, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan akan fokus pada peningkatan ekonomi kerakyatan, salah satunya pengembangan sektor pertanian tanaman pangan yaitu jagung.

"Kabupaten Pesisir Selatan memiliki potensi pertanian yang cukup besar dan menjadi basis ekonomi masyarakat. Salah satu komoditi unggulan adalah jagung. Lahan potensi tadi harus digarap secara maksimal oleh petani," harapnya. 

Untuk itu bupati mengajak petani di Kabupaten Pesisir Selatan memanfaatkan lahan terlantar dengan menanami jagung. Manfaatnya selain menambah penghasilan para petani, lahan tanaman yang kosong juga bisa menjadi produktif kembali. Menurut bupati lagi, pengembangan sektor pertanian tanaman pangan perlu sinergi antara pemerintah kabupaten dengan pemerintah nagari dan stakeholder yang ada di daerah ini. Kemudian juga butuh dukungan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas serta program pembangunan pertanian tanaman pangan dari pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pertanian dan pemerintah provinsi.

"Kabupaten Pesisir Selatan sangat potensial untuk pengembangan tanaman jagung, dan berpeluang menjadi sentra jagung di Provinsi Sumatera Barat. Sementara antusias petani mengembangkan tanaman jagung sangat tinggi. Kemudian kita akan terus melakukan pembinaan pada petani dalam mengembangkan usaha tanaman jagung," katanya.(dan/hms pessel)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!