Breaking News

Connect With us

February 12, 2022

Cegah Banjir dan Longsor, Dandim 0311/ Pessel Siapkan Program Reboisasi Hutan

                                                           11 Februari 2022

FS.Pessel(SUMBAR)-Cegah banjir dan tanah longsor di wilayah hukum Kodim 0311/ Pessel, Dandim 0311/Pessel, Letkol Inf. Moch Suherli berencana mengandeng Taman Nasional Kerinci Seblah (TNKS) SPTN wilayah III Pesisir Selatan.


Kedatangan perwakilan Petugas Taman Nasional Kerinci Seblah ( TNKS) SPTN wilayah III Pesisir Selatan, di sambut hangat Dandim 0311/ Pessel Letkol Inf. Moch Suherli di ruang pertemuan Dandim. 0311/ Pessel. Kamis (10/2/2022).

Letkol Inf. Moch Suherli mengatakan, konservasi hutan dan reboisasi kehutanan harus lah bersama menjaga ekosistem hutan yang ada di Pesisir Selatan. Dan, Kodim 0311/Pessel sendiri telah menyusun program terciptanya konservasi hutan di Pessel.

“Konservasi atau reboisasi hutan ada di wilayah Kodim 0311/ Pessel dalam rangka mencegah longsor, dan banjir. Dan mengganti hutan-hutan telah gundul akibat perambahan hutan oleh orang tidak bertanggung jawab,” tegas Dandim 0311/ Pessel.

Bukan itu saja Letkol Inf. Moch Suherli berencana melakukan terobosan kreatif dengan membuat demplot percontoaan palawija. Selain bisa membantu anggotanya, keberadaan lahan palawija bisa membantu masyarakat yang membutuhkan.

“ini juga sebagai bentuk mendukung ketahanan pangan di wilayah Kodim 0311/ Pessel,” kata Dandim 0311/ Pessel.

Sementara itu ditanya bagaimana upaya pencegahan perambahan hutan atau ilegal logging, Dandim 0311/ Pessel itu tidak akan memberikan ampun bagi pelaku Ilegal Loging di wilayahnya. Begitu juga jika ada anggotanya bersamain Ilegal Logging.

“Kita akan berikan tindakan tegas sesuai aturan dan undang-undang yang ada,” tegas nya.

Letkol Inf. Moch Suherli mengungkapkan jika dampak dari Ilegal Logging cukup besar, selaim merusak ekosistem hutan, habitat satwa. Aktifitas ilegal logging memberikan dampak ke pada keselamatan masyarakat itu sendiri, baik banjir maupun tanah longsor.

Sementara itu, Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) III Pesisir Selatan, Laskar Jaya Permana, melalui Polhut TNKS, Rika Putra mengapresiasi program inovatif Dandim 0311/ Pessel Letkol Inf. Moch Suherli cukup peduli dengan ekosistem hutan, khususnya wilayah TNKS Pesisir Selatan.

Ke depan, Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) III Pesisir Selatan bersama – sama Kodim 0311/ Pessel mendukung kegiatan reboisasi dan konservasi hutan di Kabupaten Pesisir Selatan.(dan/hms pessel)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!