Breaking News

Connect With us

February 16, 2022

Naik Motor ke Lokasi Reses, Suwirpen Suib Serap Aspirasi Masyarakat Pampangan Nan XX

                                                           16 Februari 2022

FS.Padang(SUMBAR)-Wakil Ketua DPRD Sumbar, H. Suwirpen Suib, S. Sos melakukan reses guna menyerap aspirasi masyarakat di daerah pemilihannnya, Kelurahan Pampangan nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang, Rabu sore (16/02/2022).


Meski cuaca tidak mendukung, dengan menaiki sepeda motor di jalur yang sempit, Suirpen Suib tetap berangkat demi menemui masyarakat yang sudah lama menunggu kehadirannya.

Setibanya dilokasi reses, politisi senior Partai Demokrat Sumbar ini merasa kager bercampur haru. Sebab, begitu rame dan sangat antusias masyarakat yang hadir, meskipun hujan dan badai.

"Kita sangat mengapresiasi setingginya buat perangkat Lurah, RT/RW, tokoh masyarakat dan para jurnalis yang datang meskipun cuaca hujan dan angin kencang," ujar Suwirpen.

Pada kesempatan itu Suwirpen Suib menemukan data masyarakat penerima bantuan seperti program keluarga harapan yang ada dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) tidak akurat.

"Kita minta data ini diperbaiki karena pandemi ini banyak warga yang dulunya berkecukupan namun jatuh miskin," kata dia.

"Ini menjadi sorotan karena dikeluhkan oleh masyarakat. Banyak bantuan-bantuan yang tidak tepat sasaran, ke depan kita mendorong unsur terkait bisa memperbarui data Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)," tambahnya.

Menurut dia Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) harus seiring dievaluasi dengan kondisi waktu ke waktu, jika dulunya tergolong mampu sekarang bisa saja hidup dibawah garis kemiskinan. 

Menurut dia jika tidak diperbaharui maka yang dapat bantuan itu itu saja, bahkan ada juga yang dahulu nya kurang mampu sekarang mampu, tentu itu harus dikeluarkan dari DTKS. 

" Banyak bantuan-bantuan tidak tepat sasaran sekarang. Tidak hanya PKH namun juga bantuan pemerintah berbentuk sembako, bahkan akses permodalan pemulihan ekonomi masyarakat," katanya.

Dia berharap petugas pendataan DTKS benar-benar bekerja dengan objektif dan terjun langsung ke lapangan, agar orang-orang yang masuk memang layak untuk mendapatkan program bantuan pemerintah, jangan ada pertimbangan hanya untuk orang-orang terdekat saja.

" Kita mendorong seluruh unsur terkait untuk melakukan pengawasan berlapis agar pendataan dan penyaluran bantuan berjalan optimal, "kata dia. 

Sementara Ketua RT 01 Kelurahan Pampangan XX Yeni mengatakan, banyak masyarakat ingin masuk dalam DTKS dan mendapatkan bantuan-bantuan pemerintah.

Menurut dia rata-rata masyarakat di sini bekerja sebagai buruh harian lepas, taraf  hidup pun berada pada garis kemiskinan.

Semoga dengan kedatangan Wakil Ketua DPRD Sumbar Suwirpen Suib memberikan harapan bagi masyarakat Pampangan untuk mendapatkan bantuan-bantuan.

Ia menyebutkan RT 01, baru 20 yang terdaftar sedangkan hampir seluruh warga sangat membutuhkan bantuan PKH.

" Di Kelurahan Pampangan Nan XX, ada sekitar 300 warga penerima bantuan PKH,  beberapa masyarakat juga telah  didaftarkan melalui aplikasi online,Kita berharap ada penambahan pada penyaluran bantuan di waktu berikutnya," katanya.

Ia menyebutkan RT 01, baru 20 yang terdaftar sedangkan hampir seluruh warga sangat.(dan/Hr1)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!