Breaking News

Connect With us

February 4, 2022

PDAM Tirta Langkisau Pessel Gratiskan 500 Sambungan Air Bersih Bagi Masyarakat

                                                           04 Februari 2022

FS.Pessel(SUMBAR)-Sebanyak 500 sambungan air bersih Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Langkisau, Pesisir Selatan (Pessel) akan terpasang ke rumah-rumah warga yang berkategori Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).


Bantuan hibah sambungan air bersih tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Bantuan bagi masyarakat MBR ini akan tersebar di 15 Kecamatan di 'Negeri Berjuluk Sejuta Pesona' ini.

Direktur PDAM Tirta Langkisau, Herman Budiarto mengatakan, pihaknya terus berupaya agar seluruh masyarakat bisa mendapatkan layanan air bersih. 

Sejatinya, untuk mendapatkan layanan air bersih, untuk pemasangan sambungan sepanjang 30 meter ke rumah warga digratiskan, jika lebih dari 30 meter maka warga menanggung biaya sambungan.

"Tetapi dengan program ini biaya tersebut digratiskan bagi warga MBR apabali sambungnya sepanjang 30 meter, kalau lebih dari 30 meter maka warga menanggung biaya sambungannya," ujarnya.

Menurutnya, PDAM berkewajiban untuk menyediakan air bersih bagi warga supaya sehat, kuat dan cerdas. Penggunaan air bersih sangat penting untuk kesehatan. Air juga sebagai sumber kehidupan.

Kepada warga penerima hibah sambungan air bersih PDAM ini agar menggunakan air sehemat mungkin untuk keperluan sehari-hari, harapnya.

"Saya minta jika sudah tersambung nanti agar dijaga dan jangan dirusak karena ini merupakan bagian pelayanan dari Pemerintah Daerah yang dicanangkan oleh Bupati," tuturnya.

Herman Budiarto lebih lanjut mengatakan, program ini merupakan bagian dari upaya Pemeintah Daerah dalam mendukung program 100 persen layanan air bersih. Program tersebut dilakukan secara bertahap sejak beberapa tahun yang lalu. 

"Harapan kami di akhir 2024 mendatang 100 persen seluruh warga Pesisir Selatan telah mengakses air bersih," sebutnya.

Setelah sambungan MBR itu terpasang semua, dirinya berharap warga bisa memanfaatkannya secara efisien untuk kebutuhan sehari-hari. 

"Ini merupakan salah satu program Bupati Pesisir Selatan untuk memenuhi kebutuhan air bersih kepada semua warga," ujarnya lagi.(dan/hms sumbar)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!