Breaking News

Connect With us

February 16, 2022

Tekan Angka Pengangguran, Pemda Tanah Datar Gelar PBK


FS.Tanah Datar (SUMBAR)-Dalam rangka menekan  angka pengangguran di Kabupaten Tanah Datar, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar bekerjasama dengan Kementerian Ketenagakerjaan RI dan BAZNas, menggelar Pelatihan Berbasis Kopetensi (PBK).


PBK ini juga dilaksanakan dalam rangka  mewujudkan Program Unggulan (Progul)  menciptakan usahawan baru dan lapangan kerja yang dicanangkan Pemerintah Daerah Tanah Datar masa kepemimpinan Bupati Eka Putra-Wakil Bupati Richi Aprian.


Bupati Eka Putra yang di dampingi Ketua Dekranasda Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra, pada saat membuka PBK    di Balai Latihan Kerja (BLK) Batusangkar, Lima Kaum,Senin (14/02) menjelaskan, "Berdasarkan data resmi pusat statistik, tingkat pengangguran terbuka Tanah Datar tahun 2021 pada urutan ke empat  terendah dari 19 kabupaten kota di Sumbar, dengan hasil survey tahun 2021  tercatat sebesar 4,63 persen, menurun ada tingkat nasional sebesar 6,49 persen,". 


Lebih lanjut Bupati uraikan, untuk data mikro ketenagakerjaan Tanah Datar tercatat  pada Dinas PMPTSP Naker tahun  2021 total jumlah pencari kerja sebanyak 6.463 orang. Laki -laki sebanyak 2.601 orang dan perempuan 3.862 orang, yang di domisili latar belakang pendidikan SLTA/Sederajat dan tamatan perguruan tinggi baik Diploma dan strata 1. 


Bupati katakan, dalam rangka mengurangi pengangguran tersebut Pemerintah Tanah Datar melaksanakan pelatihan berbasis kompetensi dengan berbagai program kejuruan, dengan harapan pencari kerja yang belum mempunyai keahlian dan keterampilan akan memiliki bekal untuk memasuki pasar kerja dan membuka usaha. Kedepannya dengan harapan dapat tumbuh kembang menjadi pengusaha sukses dengan target tahun ini 1000 wirausaha. 


Bupati juga sampaikan ucapan terimakasih kepada Kemenaker melalui BLK Padang, dengan dana APBN dan Baznas Tanah Datar yang telah mendukung progul Tanah Datar dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat.  


"Ikuti pelatihan ini dengan sebaik-baiknya, serap ilmu sebanyak-banyaknya, sehingga dapat menjadi bekal setelah selesai pelatihan nanti" pesan Eka Putra.


Sementara itu  Kepala Dinas PMPTSP Zahratul Khairi melaporkan, pelatihan ini dilaksanakan dengan 17 paket berbasis kompetensi. Dengan dana APBD Tanah Datar sebanyak 10 paket, dan APBN 6 paket, serta Baznas Tanah Datar sebanyak paket, dengan jumlah 304 orang peserta dengan tujuan akan memotivasi untuk menciptakan usahawan dan lapangan kerja.


Sementara Ketua Baznas Tanah Datar Yasmansyah, sampaikan pelatihan ini didukung melalui program ekonomi produktif dari Baznas, sekaligus mendukung progul Tanah Datar dalam mewujudkan 1000 wirausaha baru melalui paket pelatihan servis motor dengan di bantu peralatan bengkel.


Turut hadir pada acara tersebut Asisten, pimpinan OPD terkait, Kepala BPS Tanah Datar  Kardiman, Camat Lima Kaum Hendra Setyawan, Wali Nagari dan kepala UPTD BLK Batusangkar beserta  jajaran.(ML)Tekan Angka Pengangguran, Pemda Tanah Datar Gelar PBK.(ML)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!