Breaking News

Connect With us

March 17, 2022

Bincang Santai Bersama Kakanwil, Subhan Malik Sampaikan Inovasi Program Pembinaan Rutan Salto


FS.Sawahlunto(SUMBAR)- Kepala Rumah Tahanan Kelas II B Sawahlunto (Rutan Salto), menyampaikan berbagai inovasi progran pembinaan  Warga Binaan Pemasyarakatan  (WBP) di Rutan Salto.


Di hadapan Kepala Kantor Wilayah  Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kakanwil Kemenkumham)  Sumatera Barat (Sumbar),  R. Andika Dwi Prasetya, Subhan Malik katakan semua program pembinaan di Rutan Salto adalah upaya  meningkatkan pelayanan terhadap WBP  dalam rangka mewujudkan  Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK)/ Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).


Subhan Malik menjelaskan telah banyak upaya yang dilakukan Rutan Salto untuk mewujudkan Pelayanan Kumham yang Semakin PASTI  (Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan) menuju  Zona Integritas  (ZI) Wilayah Bebas Korupsi (WBK)/ Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) diantaranya dengan menjalin kerjasama/MoU dengan Instansi Pemerintah/Swasta di Kota Sawahlunto seperti Kemenag, Dinas Kesehatan,KPPN Sijunjung, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan, P2TP2A, PMPTSP-Naker, BNN  dan masih banyak lagi kerjasama yang dilakukan dalam rangka meningkatkan Pelayanan terhadap WBP.

 

‘’Realisasi dari MoU-MoU yang kita laskasnakan itu telah banyak kita lakukan diantaranya adanya kegiatan Bidang Keagamaan dengan Belajar Mengaji dan Tausiah Keagamaan, ini yang menjadi Program Utama di Rutan Salto. Selain itu ada juga Program Pemberantasan Buta Huruf dengan Mini Clas Me,baca dan Menulis, Pelayanan Kesehatan Door to Door secara rutin, Dapur Bersih dan Hiegenis dan masih banyak yang progam-program lainnya’’ ujar Karutan.


Karutan berharap dengan adanya program-program tersebut dapat meningkatkan pelayanan terhadap WBP lebih baik lagi kedepannya.


Kepada Kakanwil Kemenkumham Sumbar, Karitan sampaikan terima kasih atas kunjungannya ke Rutan Salto yang sekaligus meresmikan  Podcast Bincang Tangsi: Bincang Santai.


‘’Terima Kasih Bapak Kakanwil, mohon arahan dan bimbingan, sehingga kedepan Rutan Salto dapat   melangkah menuju  Zona Integritas  (ZI) Wilayah Bebas Korupsi (WBK)/ Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)’’ ujar Karutan Subhan Malik.


Sementara Kakanwil R. Andika  Dwi Prasetya sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Rumah Tahanan Kelas II B Sawahlunto (Rutan Salto). Menurutnya di bawah kepemimpinan Kepala Rutan (Karutan) Subhan Amd, IP, S.Sos, Rutan Salto telah banyak berbenah dan melakukan inovasi-inovasi baru dalam rangka meningkatkan pelayanan  kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP),mewujudkan  Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK)/ Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).


Usai menjadi Bintang Tamu dan  sekaligus meresmikan inovasi terbaru Rutan Kelas IIB Sawahlunto, yakni Podcast Bincang Tangsi: Bincang Santai Dibalik Jeruji pada Selasa (15/3), Kakanwil Kemenkumham Sumbar R. Andika Dwi Prasetya  berbincang santai bersama Karutan Salto Subhan Malik, Amd.IP, S.Sos didampingi beberapa Pegawai Rutan Salto


R. Andika mengaku kagum dan sangat memuji Konsep ATM  (Amati, Tiru, Modifikasi) yang dilakukan Rutan Salto.


‘’Saya sangat mengapresiasi dan memuji sekaligus terima kasih, Rutan Salto telah berinovasi dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada WPB, mengupayakan keterbukaan Informasi Publik, salah satunya melalui Program Prodcast Bincang Tangsi ini. Semoga kedepannya ini terus dikembangkan dan ditingkatkan, sehingga Rutan Salto dapat mewujudkan memperoleh Peredikat ZI menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK)/ Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)’’ ujar R. Andika .


Pada kesempatan itu, Kakanwil R. Andika Dwi Prasetya juga meninjau Penangkaran Burung di Rutan Salto. Penangkaran Burung ini lansung di bawah Pimpinan Karupam Atur Setyawan. (ML)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!