Breaking News

March 15, 2022

Gelar Audiensi dengan PPS, Eka Putra Sampaikan 4 Progul Sektor Pertanian


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-
Pemerintah Kabupaten Tanah Datar menggelar audiensi dengan Penyuluh Pertanian Swadaya (PPS) dalam rangka mensukseskan empat Program Unggulan (Progul)  Pemerintah  Daerah di Bidang Pertanian. 4 Progul ini diluncurkan dari  10 Progul yang ada, dan dipilih di bidang Pertanian mengingat sebagian besar wilayah Kabupaten Tanah Datar adalah merupakan areal pertanian dan sekitar 72 persen masyarakatnya bergerak pada sektor pertanian. 


Empat progul berada pada sektor pertanian itu adalah Layanan Bajak Gratis, Asuransi Usaha Tanaman Padi (AUTP) dan Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS), Pembangunan dan Rehabilitasi Irigasi serta Peningkatan Kuota Pupuk Bersubsidi.


Saat ini yang masih menjadi keluhan sebagian besar  petani  Tanah Datar yaitu kuota pupuk bersubsidi.  Karena itu Pemda akan menambah alokasi anggaran untuk pupuk ini sehingga kebutuhan pupuk untuk petani bisa terpenuhi.



“Saat ini tidak hanya kuota pupuk yang berkurang Bahan Bakar Minyak (BBM) Solar juga termasuk langka saat ini, dari itu saya minta Dinas Pertanian untuk dapat mengatur kupon BBM Solar untuk operator bajak gratis sehingga di masing-masing kecamatan itu tidak terlalu jauh untuk mendapatkan BBM,”sampai  Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM ketika dialog dan audiensi dengan PPS di Gedung Indo Jolito, Minggu (13/03).



Lebih lanjut Eka sampaikan, Program Bajak Gratis masih baru, Pemda terus melakukan evaluasi dari itu masukan dan saran dari PPS juga sangat dibutuhkan sehingga program ini berjalan dengan baik dan masyarakat dapat merasakan manfaatnya.


Sebelumnya Kepala Dinas Pertanian Yulfiardi mengatakan untuk kebutuhan tenaga penyuluh pertanian saat ini di Tanah Datar masih kurang mengingat luasnya wilayah kerja, dimana saat ini 71 tenaga penyuluh di nagari dan 4 (empat) di kabupaten idealnya per nagari itu yang wilayahnya luas 2 sampai 3 orang.


“Saat ini dalam upaya menyukseskan progul terutama bajak gratis kita libatkan PPS untuk mensosialisasikan ke masyarakat dan saat ini PPS tidak hanya sekali namun terus secara bertahap baik itu individual maupun pada acara-acara formal disampaikan, “ujar Yulfiardi.


Sementara Ketua PPS pada kesempatan itu sampaikan ucapan terima kasih dan rasa syukur karena telah diundang Bupati untuk berdialog dan audiensi di Gedung Indo Jolito.


‘’Pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih dan apresisi kepada Bapak Bupati, atas undangan yang diberikan juga Program-Program Unggulan di Bidang Pertanian.  Kmai juga memohon kiranya  kepada Bupati untuk mengeluarkan Surat Keputusan Penyuluh Swadaya karena itu berkaitan dengan Pos Penyuluh Nagari (Posluhnag) dan juga berkaitan dengan anggaran’’ harapnya. (ML)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!