Breaking News

March 14, 2022

JMSI Sumbar Salurkan Bantuan Donasi Empat Unit Huntara ke PMI Pasbar


FS.Pasaman Barat(SUMBAR)-Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Sumatera Barat, menyalurkan bantuan donasi yang dihimpun dari organisasi itu untuk pembangunan Hunian Sementara (Huntara) bagi korban terdampak bencana gempa 6,2 SR di Nagari Kajai, Kabupaten Pasaman Barat, Minggu (13/03).


Ketua JMSI Sumatera Barat, Aguswanto, di sela-sela kegiatan itu mengatakan, donasi yang disalurkan merupakan sumbangan spontan dari segenap pengurus JMSI sebagai bentuk kepedulian dalam mendukung aksi kemanusiaan yang digencarkan pihak Palang Merah Indonesia (PMI) dalam membantu menyediakan hunian layak dan manusiawi bagi masyarakat terdampak pasca dihantam bencana gempa pada Jum'at (25/02). 


"Sebelumnya kami juga sudah menyalurkan bantuan barang berupa minyak goreng dan lain-lain baik secara pribadi maupun secara internar media anggota JMSI," ungkapnya. 


Ia mengatakan,untuk nilai donasi yang diserahkan berupa uang tunai sebesar Rp 4,8 juta untuk membangun empat unit Huntara yang nantinya akan dikelola dan direalisasikan oleh pihak PMI kepada masyarakat penerima manfaat. 


Menurutnya, sejauh pengamatan pihak JMSI kebutuhan hunian layak memanf sangat mendesak seiring telah dicabutnya status tanggap darurat bencana dan dipulangkannya para pengungsi ke wilayah permukiman masing-masing. 


"Sementara banyak diantara mereka sudah kehilangan tempat tinggal dan membutuhkan bantuan cepat dari kita semua agar mereka bisa terus bertahan dan melanjutkan kehidupan yang tidak lagi sama seperti sebelumnya, " sebut Aguswanto. 


Pihaknya berharap, langkah-langkah kecil yang mereka lakukan bersama segenap insan yang memiliki kepedulian akan sesama, dapat sedikit membantu kesulitan masyarakat terdampak bencana. 


"Keluarga besar JMSI mengucapkan belas sungkawa yang sedalam-dalamnya, semoga kita semua mampu menghadapi ujian ini dengan kesabaran dan saling tolong menolong, " tutupnya. 


Pantauan wartawan, bantuan donasi Huntara secara simbolis diterima oleh Ketua Bagian Penanggulangan Bencana PMI Pasaman Barat, H Sukarman, dengan disaksikan langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten setempat, Hendra Putra. 


Pada kesempatan itu, JMSI juga menyerahkan bantuan bagi wartawan keluarga besar organisasi itu yang turut terdampak bencana, masing-masing atas nama Idenvi Susanto dari Scientia.com, Robi Irwan dari ValoraNews. Com dan Rully Firmansyah dari Top Sumbar. Com. 


Sebelumnya, Sejumlah warga yang terdampak bencana gempa 6,2 SR di Nagari Kajai Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, terpantau mulai menempati hunian sementara yang digagas oleh pihak Palang Merah Indonesia (PMI) setempat bersama sejumlah kelompok donatur yang berhasil dihimpun organisasi kemanusiaan itu.


Koordinator Lapangan Tim Operasi Tanggap Darurat Bencana (TDB) PMI setempat, Rida Warsa, di Simpang Ampek, Jum'at (11/03), mengatakan pihaknya sengaja memberikan aksi cepat dalam mencarikan solusi hunian sementara bagi masyarakat yang merupakan salah satu kebutuhan dasar bersifat wajib dipenuhi sebelum masa tanggap darurat dinyatakan berakhir.


"Sesuai instruksi pihak Markas Daerah PMI Sumatera Barat, masa penanganan tanggap darurat oleh Tim Operasi TDB PMI Pasaman Barat harus diperpanjang selama satu minggu karena masyarakat yang mengungsi belum memiliki hunian sementara yang layak, " ungkapnya.***

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!