Breaking News

Connect With us

March 22, 2022

Satu Nagari Satu Event, Nagari Atar Tampilkan "Gebyar Talago Biru"

Sekretaris Nagari Atar, Aswir

FS.Tanah Datar(SUMBAR)- Program Unggulan Satu Nagari Satu Ivent yang dilaunching Bupati Tanah Datar Eka Putra bersama Wakil Bupati Richi Aprian, beberapa waktu lalu tidak lama lagi akan dilaksanakan oleh Nagari-Nagari di Tanah Datar. Untuk tahun 2022 ini ada 14 Nagari yang akan mengikuti Program Satu Nagari Satu Event.


Nagari Atar, Kecamatan Padang Ganting, Kabupaten Tanah Datar di bawah kepemimpinan Wali Nagari Halyu Pardi akan menampilkan "Gebyar Pesona Talgo Biru" yang rencananya akan dihelat pada 3-4 September 2022 mendatang


"Melalui arahan dari Kabupaten, memang kita sudah dipanggil untuk rapat dan sudah ada utusan dari Nagari yang ditugaskan untuk berkoordinasi dengan Dispora Kabupaten dalam proses pengurusan. Insya Allah kita akan tampilkan "Gebyar Talago Biru" yang menurut jadwal Insya Allah akan digelar 3-4 September 2022 mendatang. Memang benar anggaran sudah ada dari Kabupaten sebesar 50 juta rupiah. Dan untuk persiapan-persiapan, pihak Nagari sudah berkoordinasi dengan Dinas terkait. Nagari juga telah menganggarkan tambahan dana sebesar 50 juta rupiah.Untuk RAB nya apa-apa yang kita butuhkan kita menunggu arahan dari Kabupaten" jelas Aswir,  Sekretaris Nagari Atar, ketika dikonfirmasi fokussumatera.com di ruang kerjanya, Senin (21/03).


Lebih lanjut Aswir menjelaskan, untuk acara Gebyar Talago Biru ini nantinya akan ditampilkan prodak-prodak Nagari dan juga tradisi- tradisi di Nagari Atar, seperti Seni Budaya Randai, Pencak Silat, Bela Diri, Kempo dan lain sebagainya.


"Ini slatnya sudah kita ambil dan sudah dikirimkan ke Kabupaten melalui Dispora, juga sudah ditampilkan pada waktu pencanangan oleh Bapak Bupati di Gedung Nasional beberapa waktu lalu. Selain kesenian dan kebudayaan Nagari kita juga akan tampilkan produk UMKM yang ada di Nagari Atar" lanjutnya.


Aswir juga jelaskan, sejauh ini tidak ada kendala yang berarti dalam proses persiapan Progul Satu Nagari Satu Event ini. 


" Hanya saja lokasi Talago Biru yang kita miliki belum cukup bagus, masih perlu banyak biaya dan sentuhan tangan/tenaga, seperti menimbun lokasi yang tidak rata, lokasi parkir dan lain sebagainya.Masih perlu polesan-polesan untuk memperindah dan menambah daya tarik Talago Biru yang kita miliki ini" ungkapnya.


Aswir berharap dengan diadakannya Program Satu Nagari Satu Event ini, wisata Nagari Atar bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas.


" Talago Biru ini satu-satunya Nagari Atar yang punya, Talago di atas perbukitan, ini unik dan memiliki daya tarik tersendiri. Terlebih saat ini sudah dikelola BUMNag dan Pokdarwis, ditambah dengan Program Pak Bupati, Satu Nagari Satu Event, harapan kita Pemerintah Nagari dan masyarakat Atar tentunya semakin dikenal sampai ke tingkat Nasional bahkan Dunia, sehingga banyak yang berkunjung ke Nagari Atar, sehingga berdampak pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Nagari" tambahnya lagi.


"Memang saat ini Talago Biru sudah dibuka setiap Sabtu dan Minggu dan sudah banyak masyarakat yang berkunjung, namun kita berharap dengan adanya Gebyar Talago Biru yang akan dilaksanakan September mendatang, bisa tambah ramai lagi pengunjung yang datang" pungkasnya.


Sementara Halyu Pardi selaku Wali Nagari Atar juga menyampaikan hal yang senada.


"Kita Pemerintah Nagari akan terus berupaya menggali potensi yang ada di Nagari, sepsrti sektor pariwisata ini, dan kita harapkan kedepannya ini menjadi kegiatan/program yang dapat berkesinambungan, semakin meningkat dan membawa dampak perubahan yang baik untuk kemajuan Nagari. Karena  apapun program yang dilaksanakan semata-mata untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Yang menikmatinya adalah masyarakat" pungkas Halyu Pardi di sela-sela kesibukannya.(ML)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!