Breaking News

March 19, 2022

Yaminu Rizal Buka Pelatihan Tekhnis Water Rescue


FS.Pariaman(SUMBAR)-Asisten I Setdako Pariaman, Yaminu Rizal membuka pelatihan tekhnis pencarian dan pertolongan dipermukaan air (water rescue) di BP PAUD Dikmas Kota Pariaman pada, Sabtu (19/03).


Kegiatan ini diadakan oleh Badan Nasional Pencarian Dan Pertolongan, Kantor Pencarian Dan Pertolongan Padang. Terhitung dari tanggal 18 s/d 24 Maret 2022.


Pelatihan yang dilaksanakan selama tujuh hari tersebut, melibatkan 50 orang peserta yang terdiri dari TNI, Polri, Instansi Pemerintah, dan Organisasi Kemasyarakatan.


Dalam sambutannya Yaminu Rizal sampaikan apresiasi kepada Badan Nasional Pencarian Dan Pertolongan, Kantor Pencarian Dan Pertolongan Padang, yang telah menyelenggarakan kegiatan ini di Kota Pariaman dan Pemerintah Kota Pariaman akan selalu mensuport dan memfasilitasi kegiatan yang berkaitan erat hubugannya dengan kemasyarakatan.


“Pelatihan ini kami harapkan bukan sesuatu yang dilaksanakan hanya sekali setahun saja, kalau bisa dilakukan secara berkala yang dilaksanakan di spot-spot pariwisata, yang memang menjadi tujuan atau kunjungan wisata di Sumatera Barat khususnya di Kota Pariaman. jadi secara tidak langsung kita juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat dan wisatawan, kalau wilayah tersebut terjaga keamanannya”,terang mantan Kalaksa BPBD Kota Pariaman ini.


“Saya berharap melalui pelatihan seperti ini, akan dapat meningkatkan potensi dan kemampuan personal dalam berkoordinasi dengan potensi pencarian dan pertolongan. serta mampu mengantisipasi bila terjadi musibah dan bencana yang terintegrasi secara massif, sehingga pelayanan pencarian dan pertolongan dapat terlaksana secara tepat dan optimal di tengah-tengah masyarakat”, ujarnya.


Ia mengatakan, Walikota Genius Umar berpesan, tolong ikuti dan simak pelajaran yang diberikan oleh Narasumber. agar kedepannya seluruh peserta mampu mangaplikasikan materi, teori, dan keterampilan yang didapat untuk keperluan teknis operasional di lapangan.


"hal tersebut sangat dibutuhkan guna menangani kecelakaan dan bencana yang terjadi, agar  pelayanan SAR yang diberikan kepada masyarakat bisa dilaksanakan secara tepat dan optimal”, ungkap Yaminu Rizal.


Sementara itu Kepala Kantor Pencarian Dan Pertolongan Padang Asnedi menyebutkan bahwa, tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan tekhnis SAR kepada calon SAR, dalam melaksanakan pencarian pertolongan korban di perairan. sehingga bisa diterapkan dalam pelaksanaan operasi SAR sesungguhnya nanti.


"Untuk materi pelatihan,akan diberikan materi secara teori, diskusi, dan praktek,"tutup dia. (wrm)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!