Breaking News

Connect With us

April 20, 2022

Bappelitbangda Padang Pariaman Kunjungi Warga Miskin di Nagari Sunur


FS.Padang Pariaman(SUMBAR)-
Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah (Bappelitbangda) Padang Pariaman, Ali Amran mengunjungi kediaman Junaidi, bertempat di korong Kampuang Gadang Koto Gadis Nagari Sunur Kecamatan Nan Sabaris pada Senin (18/04).

 

Hal ini dilakukan, dalam upaya memenuhi kebutuhan warga miskin dan rentan di masa pandemi Covid-19, dengan menyalurkan bantuan sosial dan bantuan lainya dari pemerintah daerah maupun bantuan dari anggaran pemerintah pusat. 


Pada kesempatan itu, Ali Amran menyampaikan bahwa pengentasan kemiskinan sangat menjadi perhatian khusus bupati. Karenanya, bupati selalu menekankan aparat pemerintahan nagari sampai wali korong agar senantiasa memperhatikan masyarakat yang membutuhkan agar bisa diberi bantuan.


Karenanya, Kaban Amran meminta pemerintah nagari terus melakukan pendataan dan mencatat warga yang tidak terdata agar segera diusulkan untuk masuk dalam DTKS. Hal itu supaya warga yang membutuhkan bisa menerima skema bantuan sosial dari pemerintah. 


"Perangkat nagari sampai korong harus perhatikan warganya, jangan sampai ada warga yang benar-benar membutuhkan tidak menerima bantuan sosial," kata Ali Amran yang didampingi Camat Nan Sabaris Syamsunar.


Lebih lanjut, Ali Amran yang juga didampingi ketua Aksi Solidaritas Piaman Laweh (Aspila) Azwar Anas menegaskan bahwa pemerintah akan terus berupaya membantu semua warga yang membutuhkan bantuan di masa pandemi Covid-19. 


"Pokoknya kita akan bantu semua warga yang membutuhkan. Baik melalui bantuan dari pusat, maupun bantuan dari pemerintah daerah dan pemerintah nagari setempat," tuturnya.


Dihubungi terpisah Wali Nagari Sunur Efriadi memberikan keterangan bahwa Junaidi adalah warga Korong Kampuang Gadang Koto Gadih Kecamatan Nan Sabaris sejak 2020 yang lalu. Dia menyebutkan, Junaidi suami dari Elfita dan ayah dari 4 orang anak ini sebelumnya berdomisili di Kota Padang, sejak Pandemi Covid 19 kembali ke kampung di Korong Kampuang Gadang Koto Gadih Nagari Sunur.


"Sejak Nopember 2020 menjadi warga Padang Pariaman," terangnya.


Sebut Efriadi lagi, untuk percepatan administrasi oleh pemerintahan nagari telah dibantu pengurusan Kartu Keluarga dan KTP yang bersangkutan. Dia mengungkap, pemerintah nagari langsung memasukan data Junaidi sebagai keluarga miskin untuk mendapat bantuan.


"Karena dilihat dari kehidupan ekonominya, sangat layak untuk mendapat bantuan," katanya lagi


Kemudian wali Efriadi menambahkan  bantuan kepada Junaidi telah diberikan BLT DD/ Nagari selama tahun 2021 dan juga bantuan lainnya. Sedangkan untuk Program PKH yang bersangkutan sudah didaftarkan ditahun yang sama, namun karena warga baru belum masuk dalam data DTKS.


"Untuk PKH sudah masuk dalam data DTKS, dan menunggu,". tegasnya.


Dikesempatan yang sama wali Efriadi menyebutkan, bahwa Junaidi dan keluarga memiliki rumah tua yang juga ditempati oleh keluarganya yang lain. Karena sedikit rame, Junaidi membuat tempat peristirahatan disamping rumah yang ditempati awalnya.


"Tidak benar ditempat terpencil, tempat peristirahatannya itu masih disekitar rumah yang ditempati awalnya," tutup Efriadi.

 

Kemudian berdasarkan hasil diskusi dan koordinasi bersama pemerintah kecamatan dan nagari serta pihak keluarga di lokasi, yang bersangkutan akan diusulkan untuk mendapat bantuan rumah layak huni dari Pemerintah Daerah Kabupaten Padang Pariaman melalui Baznas Padang Pariaman.


Kemudian sebelum meninggalkan lokasi, Ali Amran juga meninggalkan paket bantuan sembako dan kebutuhan pokok lainnya bagi Junaidi dan keluarga. Dan sementara Junaidi beserta keluarga di evakuasi ke salah satu rumah warga sebagai tempat tinggal sementara hingga bantuan rumah selesai dibangun.(wrm)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!