Breaking News

Connect With us

April 19, 2022

Bupati Eka Putra : Kebersihan Sangat Penting dalam Menunjang Keberhasilan Pembangunan


FS. Tanah Datar (SUMBAR)-
Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM didampingi Ketua TP PKK Tanah Datar Ny.Lise Eka Putra menggelar silaturahmi bersama Petugas K3 Se- Kabupaten Tanah Datar, Minggu sore (17/04/2022) di Indo Jolito Batusangkar.


Silaturahmi ini digelar dalam rangka menjalin kedekatan, komunikasi dan koordinasi dengan Petugas K3 yang dinilai penting dalam mendukung  Program Pemerintah Daerah.


Eka Putra katakan Petugas K3 mempunyai peranan yang penting bagi pembangunan masyarakat dan daerah, karena kebersihan memiliki peranan yang sangat penting dalam menunjang keberhasilan pembangunan.


"Pekerjaan Bapak/Ibu ini sangat penting. Apalagi kebersihan adalah sebagian dari iman

 Jadi Bapak/Ibu jangan ada yang merasa rendah diri, jangan ada yang merasa minder.Karena kalau suatu pekerjaan itu kita laksanakan dengan ikhlas.Insya Allah akan mendapatkan pahala. Bahkan mungkin Bapak/Ibu yang bekerja sebagai petugas kebersihan akan lebih mulia dibandingkan saya yang bertugas sebagai Bupati di kaherat nanti" ujar Eka Putra.


Eka katakan, jika kebersihan terjaga akan menciptakan kenyamanan, sehingga membuat masyarakat Tanah Datar maupun orang yang mengunjungi Tanah Datar akan merasa nyaman dan betah, ini akan membawa dampak positif bagi perkembangan Pariwisata Tanah Datar, dimana Tanah Datar mengandalkan sektor pariwisata untuk mendukung Pendapatan Asli Daerah (PAD).


Terkait dengan masih kurangnya sarana dan prasarana untuk menunjang tugas K3 di Tanah Datar, Eka Putra katakan Pemerintah Daerah akan berusaha meningkatkan dan memenuhinya.


"Dari semua pasar yang ada di Kabupaten Tanah Datar hanya 10 yang terpenuhi kontainernya , Insya Allah tahun ini kita akan usahan semuanya bisa terpenuhi. Atau bisa juga dari nagari menganggarkan agar semua Nagari ada kontainernya, sehingga kita tinggal menambah truk nya untuk pengangkutan. Ini semua sudah kita kaji" lanjut Eka.


Masalah pengelolaan sampah dibilang gampang tidak, dibilang susah juga tidak.Untuk itu Eka Putra tekankan harus ada peningkatan kesadaran masyarakat  untuk tidak membuang sampah sembarangan. " Kalau kesadaran masyarakat untuk membuang sampah di tempatnya tidak ada, maka seberapapun jumlah Petugas Kebersihan, selengkap dan secanggih apapun alat yang kita miliki juga tidak akan bisa maksimal, sampah tetap berserakan dimana-mana" jelas Eka Putra.


Eka juga mengajak agar seluruh lapisan masyarakat Tanah Datar untuk miliki kesadaran terhadap lingkungan dengan tidak membuang saph sembarangan." Buanglah sampah pada tempatnya, kedepan semoga bisa kita mulai untuk memisahkan sampah menjadi sampah organik dan anorganik, sehingga pengangkutan sampah ke TPA akan semakin mudah" tambahnya.


Eka juga juga sampaikan permohonan mamaf kepada Petugas K3, karena setelah 1btahun masa kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Richo Aprian barubkalinini bisa bertatap muka langsung dengan Petugas K3.


Di akhir sambutannya Eka Putra berpesan agar Petugas K3 tetap semangat dalam menjalankan tugasnya. 


Dikesempatan yang sama Ketua TP PKK Tanah Datar, Ny. Lise Eka Putra menyampaikan hal senada. Ny.Lise katakan kebersihan dan kenyamanan Tanah Datar akan dirasakan oleh kita penduduk Tanah Datar dan akan dilihat oleh orang yang datang berkunjung ke Tanah Datar, merupakan hal yang sangat berarti.


Tanah Datar dengan potensi pariwisata yang luar biasa, dimana Pemerintah Daerah mengandalkan sektor pariwisata, maka harus didukung dengan kebersihan dan kenyamanan dari tempat wisata tersebut.


Ny.Lise katakan kebersihan dan fasilitas umum masih kurang dari yang semestinya dan itu menjadi tugas kita bersama." Meski memberikan kesadaran kepada masyarakat akan arti pentingnya kebersihan itu bukanlah hal yang mudah, namun saya yakin kalau bersama-sama kita pasti bisa dan pariwisata di Tanah Datar  akan melejit, meningkat dan menjadi tujuan kunjungan wisatawan dari luar" beber Ny. Lise.


"Mari kita mulai dari diri kita sendiri, keluarga kita. dan saya harapkan  Bapak/Ibu akan menjalankan tugas ini sepenuh hati, biar masalah fasilitas dan tempat sampah nantinya menjadi tugas Pak Kadis dan Pak Bupati mencari jalan bagaimana fasilitas ini bisa dilengkapi" pungkasnya.


Sementara sebelumnya, Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim LH) Ir. Novriandi, MT  dalam laporanya menyampaikan keluhan tentang masih kurangnya fasilitas dan peralatan untuk menunjang tugas K3 di Kabupaten Tanah Datar.


Acara yang dihadiri kurang lebih 106 Petugas K3 se-Kabupaten Tanah Datar.  (ML)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!