Breaking News

Connect With us

April 15, 2022

HUT ke 181 Kabupaten Limapuluh Kota, Bupati : Momentum Evaluasi dan Menumbuhkan Kebersamaan Menuju Masyarakat Sehat, Ekonomi Bangkit


FS.Limapuluh Kota(SUMBAR)-Sidang paripurna istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dengan agenda peringatan HUT Kabupaten Limapuluh Kota yang ke-181 tahun 2022, berlangsung hikmad serta dihadiri langsung oleh Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi, Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, tokoh masyarakat serta pejabat dilingkungan pemkab setempat, pada Rabu, (13/4/2022).


Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo menyebutkan, pertambahan usia kabupaten ini berkaitan dengan tugas bersama untuk memajukan kehidupan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hal tersebut yang mesti dicermati setiap kali memperingati hari jadi daerah. "HUT menjadi momentum untuk evaluasi tentang hal-hal yang telah dilakukan," katanya.


Dikatakan bupati, peringatan HUT pada tahun ini merupakan merupakan tahun kedua baginya sebagai bupati dan Wakil Bupati Rizky Kurniawan Nakasri. Tema peringatan HUT kali ini, dengan semangat hari jadi kabupaten yang ke-181, kita tumbuhkan kebersamaan  menuju masyarakat sehat, ekonomi bangkit.



Dikatakan bupati, memasuki usia ke-181, banyak kemajuan yang diraih Kabupaten Limapuluh kota. Namun, tidak bisa dipungkiri, hingga kini pemerintah dihadapkan pada berbagai tantangan dalam upaya peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat, serta meningkatnya tuntutan masyarakat terhadap perbaikan ekonomi, sosial, dan pelayanan publik.


 "Saya mengajak segenap elemen masyarakat dalam momentum hari jadi daerah ini untuk melakukan refleksi, muhasabah sudah sejauh mana  kita berkarya dan memberikan kontribusi positif dalam upaya membangun daerah," ujar bupati. 


Menurut bupati, generasi sekarang harus berterima kasih pada para tokoh dan para pemimpin terdahulu yang telah bekerja keras, berbakti dan berkarya bagi kemajuan daerah ini. "Tugas kita melanjutkan estafet perjuangan tersebut dengan menjawab semua tantangan ke depan," kata Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo.


Dijelaskan bupati, semua tantangan tersebut tentunya mesti dijawab dengan formulasi dan pelaksanaan kebijakan-kebijakan yang mengutamakan kepentingan masyarakat.



"Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tulus kepada seluruh jajaran pemerintah kabupaten dan anggota serta pimpinan DPRD yang telah bekerja keras dan bekerja sama dalam menjalankan roda pemerintahan demi mewujudkan visi pembangunan daerah yang tertuang dalam RPJMD 2021-2026," kata bupati.


Dikatakan bupati, pandemi Covid-19 belum berakhir karena kondisi saat ini adalah masa transisi menuju endemi, belum mencapai endemi. Pemerintah terus melibatkan masyarakat, media dan stakeholder guna menjelaskan tentang pandemi yang belum berakhir itu. Pemerintah sedang mempersiapkan transisi belum mencapai endemi, dan terus fokus menurunkan jumlah kasus sesuai standar dunia.


Penetapan status endemi merupakan otoritas WHO karena untuk mengubah pandemi yang berdampak kepada banyak negara diperlukan perbaikan khusus secara global. Pelonggaran seperti bebas karantina bagi pelaku perjalanan luar negeri, perjalanan domestik tanpa tes Covid-19, sebagainya sudah bisa dilakukan, namun penggunaan masker dan vaksinasi tetap harus diwajibkan.



Dijelaskan bupati, pemerintah kabupaten berkomitmen menggenjot sejumlah program unggulan, di antaranya terkait dengan infrastruktur. Pada saat ini Dinas PUPR sedang melaksanakan proses legalisasi ranperda revisi RTRW yang nantinya menjadi acuan kelanjutan pembangunan Limapuluh Kota dengan pengendalian pemanfaatan ruang melalui penerbitan rekomendasi kesesuaian pemanfaatan ruang untuk setiap kawasan seperti,  pengembangan usaha kecil menengah baik dari sektor pertanian, perkebunan, perternakan maupun pertambangan dan lainnya.


Terkait sektor pertanian, pemerintah berkomitmen akan membuka 20.000 haktare lahan tidur untuk dijadikan sentra lahan pertanian jagung. Sedangkan pada sektor peternakan, pemkab mempunyai program prioritas antara lain peningkatan produksi ternak, fasilitasi usaha peternakan, penguatan kelembagaan kelompok tani ternak, peningkatan jaminan dan mutu produksi pangan asal ternak, pengendalian penyakit menular zoonosis, penetapan kawasan dan pemanfaatan lahan untuk peternakan. Kita berharap adanya pertambahan populasi sapi sebanyak 14 ribu ekor/tahun.


Ketua DPRD Limapuluh Kota, Deni Asra ketika membuka rapat paripurna menyebutkan, tiap 13 April diperingati HUT Kabupaten Limapuluh Kota. Hal ini merupakan amanah Perda Nomor 11/2008 tentang Hari Jadi Pemerintahan Kabupaten Limapuluh Kota. Pertama kali peringatan HUT dilakukan 13 April 2009 bersamaan dengan peresmian pemakaian gedung kantor DPRD di Sarilamak, yang mana sebelumnya gedung DPRD berada di Payakumbuh 



"Rapat ini merupakan rapat paripurna istimewa DPRD yang kedua dalam masa jabatan bupati dan wakil bupati yang sekarang. Akibat pandemi, tak banyak kegiatan memeriahkan HUT yang bisa dilakukan," katanya.


Deni Asra mengajak kepada semua pihak dengan semangat memperingati hari jadi kabupaten ke-181. "Kita tumbuhkan kebersamaan menuju masyarakat sehat, ekonomi bangkit.  Selain itu, upaya pencegahan dan penanganan Covid-19 saat ini masih tetap menjadi perhatian kita. Di samping itu kami mengajak kita semua untuk bergandeng tangan membangun kebersamaan dalam mewujudkan kabupaten," katanya.


Ketua DPRD berharap kepada semua pihak agar tumbuhkan suasana kondusif, terjadinya komunikasi yang dua arah, terbentuknya koordinasi yang komprenhensif, terciptanya kebersamaan, kekompakan, kesolidan, persatuan di antara semua pihak. Masyarakat rindu suasana kondusif, masyarakat ingin bersatu dalam melahirkan kebijakan terhadap persoalan yang mereka hadapi saat ini.


Masyarakat butuh kebijakan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Oleh karena itu DPRD sebagai representasi suara masyarakat, menyampaikannya kepada DPRD agar di sisa masa jabatan DPRD maupun bupati/wakil bupati mampu melahirkan kebijakan bersama untuk kepentingan masyarakat.


Sementara itu, Guru Besar Fakultas Pertanian Unand selaku tokoh masyarakat kabupaten Limapuluh Kota, Prof. Dr. Ir. Hermansyah. ms. Msc jadi tamu kehormatan saat momentum penting Hari Jadi Kabupaten Limapuluh Kota yang ke 181 tahun. Putra Maek tersebut, diminta Pemkab Limapuluh Kota untuk memberikan tanggapan sebagai tokoh masyarakat di hari jadi yang dihadiri oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi diruangan sidang DPRD Limapuluh Kota.



Saat menyampaikan pandangannya, Hermansah menilai Kabupaten Limapuluh Kota saat ini sudah mulai berkembang menuju daerah yang mampu bersaing dengan daerah lainnya di Sumbar. Begitu juga terhadap nagari, diusia 181 ini nagari-nagari di Limapuluh Kota berada pada klaster berkembang dan maju.


“Alhamdulillah, di 50 Kota nagari-nagari kita berada pada klaster berkembang dan maju. Tidak ada lagi nagari yang masuk ke yang sangat tertinggal. Ini juga dapat menjadi pedoman bagi kita untuk memberdayakan nagari berkembang ini menjadi maju dan mandiri,” ucap Hermansah dihadapan tamu undangan yang hadir.


Katanya, dari 928 nagari yang ada di Sumbar, masih tersisa 3 nagari lagi yang tertinggal dan itu bukan di Kabupaten Limapuluh Kota.


“Posisi kita 50 Kota Kabupaten Limapuluh Kota dari indek desa membangun di Sumbar sudah sangat mengembirakan ke posisi 5 ditahun 2020. Posisi ini perlu ditingkatkan dan kita tentu tidak boleh puas dengan posisi tersebut. Atas nama masyarakat kabupaten Limapuluh Kota, kami mengucapkan selamat memperingati hari jadi kepada kita semua. Semoga lewat momentum ini, kita dapat mewujudkan kebersamaan menuju masyarakat sehat, ekonomi bangkit dan tetap dalam kerangka Adat Basandi Syarak, Syarak Basabdi Kitabullah. Menguni Padi Di Pandang, Mata Kerja Petani Penuh Usaha, 181 Tahun Cukuplah Lama, Harapan Dan Impian Semoga Nyata,” tutupnya. (Edo Yuliardi)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!