Breaking News

Connect With us

April 8, 2022

Kunjungi Masjid Raya Buo,Tim VII Safari Ramadhan 1443 H Kabupaten Tanah Datar serahkan Bantuan 10 Juta Rupiah


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-
beritaterbit.com- Dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Batusangkar, Agus Windana, SH Tim VII Safari Ramadhan  1443 H Kabupaten Tanah Datar  serahkan bantuan sebesar  10 Juta Rupiah  kepada Pengurus Masjid Raya Buo, Nagari Buo, Kecamatan  Lintau Buo, Kabupaten Tanah Datar, Rabu malam  (06/04).


Agus Windana, SH menyampaikan  terima kasih, kedatangannya bersama rombongan disambut baik dan penuh kekeluargaan  oleh  Pimpinan Nagari Buo beserta jajaran dan masyarakat . Setelah dijamu buka puasa bersama Tim beserta rombongan melaksanakan Shlat Isya dan Tarawih berjamaah, serta dilanjutkan dengan acara Safari Ramadhan.


Dalam sambutannya, Agus Windana menyampaikan pesan  Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM, bahwa tujuan dari Tim Safari Ramadhan  (TSR) ini yang pertama adalah untuk menjalin dan meningkatkan silaturrahmi antar Pemerintah Daerah dengan masyarakat. Kemudian yang kedua  dalam rangka mendengar langsung aspirasi, kritik, saran dan keluhan masyarakat  untuk program  Pemerintah Daerah  yang akan dijalankan  atau yang telah/sedang berjalan.


‘’ Sesuai dengan Visi Kabupaten Tanah Datar yaitu Terwujudnya Kabupaten Tanah Datar Madani yang Berlandaskan Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah yang telah dijabarkan dalam 6 misi  yang telah dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Tanah Datar  Tahun 2021-2026. Salah satu diantaranya adalah misi kedua yaitu Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Kabupaten Tanah Datar dan Perluasan Lapangan Kerja Berbasis Pertanian, Industri dan UMKM. Pemerintah Kabupaten Tanah Datar di bawah kepemimpinan Bupati Eka Putra dan Wakil  Bupati Richi Aprian telah  menetapkan sepuluh Pogram Unggulan Pemerintah Daerah,  dimana empat Program Unggulan itu berada di Sektor Pertanian. Ini mengingat sebagian besar masyararakat Tanah Datar bergantung pada sektor pertanian. Hingga saat ini Sektor Pertanian Tanah Datar menyumbang  Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) tahun 2020 sebesar 29,81 persen.’’ ungkap Agus Windana.


 Program Unggulan (Progul) berada pada sektor pertanian, diantaranya yaitu Layanan Bajak Gratis, Asuransi Usaha Tanaman Padi (Autp) dan Asuransi Usaha Ternak Sapi (Auts), Pembangunan Dan Rehabilitasi Irigasi, serta Peningkatan Kuota Pupuk Bersubsidi’’ lannjut Agus Windana.


Selain itu juga ada Program Unggulan, Satu Rumah Satu Hafiz/zah, Satu Nagari Satu Event serta di bidang Administrasi Kependudukan yaitu  Trisula Dukcapil Membahana  (Tiga Sistem Utama Layanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil Membahagiakan Masyarakat Tanah Datar) dan Inovasi  Pemudaku Tampan Sekali  (Pemutakhiran Data Kependudukan Tanah Datar Menju Masa Depan Sejahtera, Berkualitas dan Mandiri).

   

Kepada masyarakat juga diharapkan agar melaksanakan ibadah puasa dengan memperbanyak amalan ibadah kepada Allah SWT, memakmurkan masjid, surau/mushala, Tadarus Al-Qur'an serta kegiatan lain yang bernuansa islami.


Agus juga menyampaikan pesan Bupati agar warung-warung atau kedai makan agar tutup di siang hari selama bulan puasa demi kenyamanan dan kelancaran dalam menjalankan ibadah puasa.


Terakhir, Agus sampaikan ucapan terima kasih Bupati kepada seluruh lapisan masyarakat yang telah mendukung berjalannya Program-Program Pemerintah Daerah selama ini.


Sementara sebelumnya Wali Nagari Buo Yulkusmayanto, S.Si menyampaikan apa yang menjadi keluhan dan aspirasi masyarakat diantaranya pembangunan  Istano Rajo Adat Buo yang hingga saatini belum ada titik terang, Irigasi/Bendungan yang hanyut dilanda banjir/gelodo, Pembangunan pasar tradisional Nagari Buo, sulinya mendapatkan pupuk bersubsidi hingga penggunaan Kartu Tani yang dirasa sangat sulit serta keberadaan Poskesri yang belum dilengkapidengan Tenaga Kesehatan.


Acara ditutup dengan ceramah agama yang disampaikan oleh Ustdaz Syafriwaldi, S.Ag, MA. 


Adapun Anggota Tim VII diantaranya Agus Windana, SH (Ketua Tim) Sekretaris Dinas Pertanian Sri Mulyani, Sekretaris Dinas PMDPPKB, Syafriwaldi, S.Ag, MA (Penceramah), Maryati, Erik Marta dan Putri Melani (Wartawan), Deki Candra, Wira Yanuar dan Indra May Putra (Anggota).


Hdir dalam acara tersebut, Camat Lintau Buo Afrizal, SE/Ayah, Sekcam Dra.  Nita Jandru, Wali Nagari Buo Yulkusmayanto, S.SI beserta Ibu, Ketua KAN Nagari Buo, Tokoh Masyarakat, PKK Nagari, Bundo Kanduang,  Pengurus Masjid, masyarakat serta  undangan lainnya.(ML)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!