Breaking News

April 10, 2022

Momentum Kebangkitan UMKM Sektor Fashion, Hj. Harneli Bahar Buka RRF 2022

                                                                 10 April 2022

Ketua Dekranasda Sumbar, Hj. Harneli Bahar

FS.Padang(SUMBAR)-Industri fashion muslim Sumatera Barat tak bisa dipandang sebelah mata. Tantangan untuk terus berinovasi pun mengikuti tren terbaru.


Seperti tahun sebelumnya, Ramadhan Runway Festival (RRF) 2022 kembali digelar oleh Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) Sumbar bekerjasama dengan Hotel Santika Premiere Padang, yang dilaksanakan selama dua hari 9-10 April 2022.


Ketua Dekranasda Sumbar, Hj. Harneli Bahar mengatakan ada sekitar 150 busana hasil karya dari 13 fashion designer Sumatera Barat guna meningkatkan geliat UMKM.


"Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini. RRF menunjukkan aktivitas ekonomi di daerah. Digelarnya acara RRF ini para perancang busana akan bekerjasama dengan para UMKM seperti bordir, songket dan tenun khusus memiliki kreasi dan inovasi khas Minangkabau," kata Harneli, Minggu (10/4/2022) di Padang.


Menurut Harneli, saat ini para pelaku usaha termasuk UMKM harus sudah mulai menyiapkan diri untuk kembali menjalankan usahanya yang sempat terhenti akibat Pandemi Covid-19.


"Tadi sama-sama kita lihat karya desainer muda yang tampil. Semuannya keren, saya suka. Adanya event fashion ini bisa menjadi momentum kebangkitan UMKM dan sektor fashion di Indonesia khususnya di Sumbar," sebutnya.


Selain itu, Hj. Harneli Bahar menyampaikan kegiatan RRF merupakan kegiatan spektakuler.  Apalagi, menampilkan kreasi anak-anak milenial di Padang. 


Dia berharap, ke depannya acara serupa bisa lebih berkreasi. Sehingga bisa menumbuhkan ekonomi kerakyatan, dan menjadikan produk Sumbar bisa go internasional.


"Acara RRF 2022 merupakan awal kebangkitan dan menjadi lonceng bagi para pelaku ekonomi kreatif Sumbar untuk bangkit kembali," ucapnya.


Ketua APPMI Sumbar Yul Nursuud, mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan. Ia menyampaikan terima kasih kepada Pemprov Sumbar yang telah mendukung kegiatan RRF 2022.


"Vacum selama dua tahun akibat Pandemi Covid-19, kegiatan ini merupakan mimpi. Semua ini terwujud tidak terlepas dari dukungan Pemerintah Pemprov Sumbar," ungkap Yul Nursuud akrab disapa Da Yul.


Sejumlah perancang busana anggota APPMI Sumbar yang akan tampil di RRF bernuansa Islami dipusatkan Hotel Santika Premiere Padang. Selain itu akan ada busana-busana untuk pria dan wanita dengan desain khas daerah Sumbar.


Da Yul (DY) menjelaskan, kegiatan ini bernuansa Islami karena dalam dua kegiatan yang disebutkan di atas menampilkan kompetisi busana yang dibagi dalam tiga kategori, yaitu usia 3-8 tahun, usia 9-12, serta usia 13 hingga 25 tahun. Hadiah yang diberikan pemenang I, II, dan III berupa uang tunai, tropi, hadiah menarik lainnya. Sedangkan pemenang favorit akan mendapatkan tropi, uang tunai dan hadiah menarik lainnya.


Sementara itu, busana-busana yang akan ditampilkan oleh sejumlah perancang busana merupakan karya Yul Nursuud, Yadirsyah Zunur, Rico Bije Reybonte, Doni Rahman, Ade Listiani, Novia Hertini, Ade Irma, Emi Arlin, Mira Muraza Songket, Frisma Yeni, Tianda Kebaya by Mayenti, Arliza Arlen, Adevi Omra, serta Grup Bunga Sumatra Barat.


Ramadhan Runway Festival 2022 yang  mengangkat tema Muslim Fashion "Ready to Wear" merupakan iven pertama yang kami gelar setelah sekitar dua tahun vakum akibat pandemi Covid-19.


"Mudah mudahan hasil karya para perancang busana asal Sumbar, semakin mendapat tempat di hati masyarakat. Tak hanya di Sumbar, tapi juga ke mancanegara," harapnya. (nov)


(Dinas Kominfotik Sumbar)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!