Breaking News

Connect With us

April 12, 2022

Perkecil Dampak Bencana, Pemkab Pessel Lakukan Pemetaan Wilayah

                                                                 12 April 2022

FS.Pessel(SUMBAR)-
Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) terus memaksimalkan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi potensi ancaman bencana yang diprediksi akan bisa muncul.


Salah satu upaya yang dilakukan saat ini adalah  melalui pemetaan wilayah agar potensi dan dampak bencana yang diprediksi itu bisa diperkecil atau diminimalisir.


Hal itu dikemukakan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Pessel, Mawardi Roska, Selasa (12/4) di Painan.


"Untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat terhadap kebencanaan, kita melalui BPBD memang terus memaksimalkan sosialisasi dan simulasi kesiapsiagaan," katanya.


Upaya itu dikatakan Mawardi, disejalankan dengan pemetaan wilayah sesuai dengan potensi kebencanaan yang dimiliki.


"Sebab melalui pemetaan itu, kita bisa memperkecil potensinya, serta juga memaksimalkan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi potensi bencana yang akan muncul," katanya.


Upaya itu dilakukan karena sebagian besar wilayah di Pessel sangat rentan terkena bencana, terutama sekali bencana banjir dan tanah longsor.


"Agar ancaman itu tidak menimbulkan kepanikan di masyarakat, maka BPBD Pessel dengan berbagai pihak terkait diharapkan supaya juga lebih memaksimalkan kegiatan simulasi bencana. Sebab melalui simulasi itu, masyarakat akan memiliki penambahan pengetahuan dalam menghadapi bencana baik sebelum maupun sesudah," ujarnya,


Dia menjelaskan bahwa dari 15 kecamatan yang ada di daerah itu, semuanya rawan terkena bencana banjir dan tanah longsor.


Hal itu memang berdasarkan pada kondisi alam Pessel yang memiliki banyak aliran sungai dengan kemiringan yang tajam, serta berhulu di sepanjang kawasan Bukit Barisan.


"Sudah sangat kita ketahui bahwa bencana banjir akan terjadi bila intensitas hujan yang cukup deras terjadi lebih dari 6 jam di daerah ini. Bila kondisi itu terjadi, maka kepada masyarakat yang tinggal di zona merah rawan banjir diminta untuk lebih dini melakukan upaya penyelamatan. Terutama sekali terhadap keselamatan jiwa mereka," pintanya.(dan/rls)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!