Breaking News

Connect With us

May 25, 2022

Bupati Safaruddin Antusias Mencoblos di Pilwanag Serentak 2022


FS.Limapuluh Kota(SUMBAR)-
Seperti tak mau kalah dengan pemilih lainnya, Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt Bandaro Rajo pun antutias dengan Pemilihan Wali Nagari (Pilwanag) Serentak Tahun 2022. Bupati Safaruddin pun terlihat bersemangat untuk menunaikan hak pilihnya. Dimana Bupati Safaruddin mencoblos pada Rabu (25/02/2022)? Jawabnya bisa disimak usai ia memantau langsung Pilwanag di beberapa TPS di Kecamatan Luak, Payakumbuh. 


Bupati  Safaruddin bersama Ketua TP-PKK Limapuluh Kota Nevi Safaruddin bertolak menuju kampung halamannya Nagari Baruh Gunung, Kecamatan Bukik Barisan. TPS 6 Jorong Pasa, Baruh Gunung tempat ia tuju.


Sesampainya di TPS 6, Bupati Safaruddin terlihat  menyapa warga pemilih di TPS, bercakap-cakap  tentang pemungutan suara dengan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS 6.


“Alah siap mamiliah, kalau mamiliah dak buliah duo2,” gurau Bupati Safaruddin kepada seorang warga Baruh Gunung. “Alah, Pak Bupati,” jawab warga senyum simpul.


Suasana begitu cair, karena Bupati Safaruddin adalah putra kebanggaan Baruh Gunung selalu tampil _low profile_ di tengah masyarakat.


Selanjutnya Bupati Safaruddin mengikuti segenap proses pencoblosan, mendaftar, berjalan ke bilik suara mencoblos surat suara, diakhiri dengan memasukkan surat suara ke kotak suara.


“Alhamdullilah, pelaksanaan pemungutan suara di TPS 6, berjalan lancar,” ujar Bupati seusai menunaikan hak pilihnya. Ketika ditanya warga siapa calon wali nagari pilihannya, Bupati Safaruddin hanya tertawa kecil, seraya berkata.”....rahasia, pemilihan wali nagari tak beda dengan pemilu, asasnya luber, langsung, umum, bebas rahasia.”


Tak cukup hanya menunaikan hak pilihnya, Bupati Safaruddin pun meninjau pasar Baruh Gunuang. TPS 6 tak terlalu berjarak dengan Pasar Baruh Gunuang. Sesekali, ia berhenti untuk bercakap-cakap dengan pedagang tentang harga, asal barang dan ketersediaan barang. Maklum, sedang di negeri kelahiran, berjalan berapa langkah di pasar, warga silih berganti bersalaman atau _ngobrol_ ringan dengan Bupati Safaruddin.


“Kita lihat pasar tingkat nagari kini mulai ramai, ini sejalan dengan makin melandainya pandemi Covid-19, tetapi jangan kita lengah, tetap menjaga kesehatan masing-masing,” ungkap Bupati Safaruddin.


Sementara itu, Tim Monitoring dari DPMN/D Yudi mengungkapkan, di Baruh Gunung pemilih datang ke TPS secara beranting, menyusul gerimis membayang semenjak pagi. Tingkat partisipasi pemilih dari daftar pemilih tetap (DPT) menjelang siang rata-rata mencapai 60 persen.  Untuk Pilwanag Tahun 2022, di Kecamatan Bukik Barisan selain Nagari Baruh Gunuang, empat nagari lainnya Banja Loweh, Koto Tangah, Sungai Naniang dan Maek, juga menghelat Pilwanag. Terdapat sebanyak  56 TPS dengan jumlah pemilih terdaftar 17.488 pemilih. Khusus Nagari Baruah Gunuang tercatat 2.143 pemilih. Kandidat yang berkompetisi memperebutkan kursi wali nagari berturut-turut  adalah Aprional, Afliardi, Safirman Efendi, Abdul Rasyidin, Zulmiafryion Dt. Koruik. (Edo Yuliardi)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!