Breaking News

Connect With us

May 28, 2022

Ketua TP PKK Padang Pariaman Hadiri Pertemuan Pembinaan Kampung KB Kelompok Nyarai Indah Kencana

                                                                    27 Mei 2022

FS.Padang Pariaman(SUMBAR)-Ketua TP PKK Padang Pariaman Yusrita Suhatri Bur hadiri pertemuan  pembinaan Kampung KB Kelompok Nyarai Indah Kencana oleh DPPKB bertempat di ruang belajar TK PAUD Pawaz Tamir, Korong Gamaran Nagari Salibutan Lubuk Alung Kecamatan Lubuk Alung, pada Jum'at (27/05).


Dalam kegiatan ini Yusrita menyampaikan, tujuan dibentuknya Kampung Keluarga Berkualitas (KKB) adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program Kependudukan, Keluarga Berkualitas dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) serta pembangunan sektor terkait lainnya dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.


Menyikapi hal ini, Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) terus berupaya meningkatkan peran sertanya dalam memfasilitasi, mendampingi dan membina masyarakat dalam menumbuhkan kesadaran dan meningkatkan wawasan untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat dalam upaya percepatan penanganan dan pencegahan stunting.


Mengingat Kampung KB merupakan gerakan bersama dalam upaya percepatan penurunan stunting dan meningkatkan kesejahteraan keluarga. Maka, DPPKB Padang Pariaman bekerjasama dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk menggerakan Kampung KB di setiap kecamatan di Padang Pariaman.


Dikatakannya bahwa Kampung KB berkontribusi dalam penurunan stunting, penurunan AKI dan AKB, meningkatkan kesertaan ber-KB dan menurunkan angka kemiskinan. Terungkap di Padang Pariaman sudah 22 Kelompok Kampung KB yang difasilitasi dan rutin dilakukan pembinaan.


Pertemuan Pembinaan Kampung KB yang diprakarsai Bidang Penyuluhan dan Penggerakan DPPKB ini menghadirkan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejateraan Keluarga (TP PKK) Padang Pariaman Yusrita Suhatri Bur dan Petugas Gizi Dinas Kesehatan Fera Wati sebagai narasumber.


Dalam arahannya, Yusrita menyampaikan bahwa  dalam upaya pemenuhan gizi diharapkan seluruh kelompok binaan Kampung KB memiliki kemampuan dalam pemenuhan gizi anak sehingga dapat terbebas dari resiko stunting. Dia menekankan, agar masyarakat terutama ibu-ibu nya untuk membudayakan goro bersama guna menjaga kebersihan lingkungan.


"Untuk bersih dan sehat itu tidak harus menunggu kaya, mari biasakan membersihkan lingkungan rumah dan budayakan goro warga," terangnya.


Kemudian Yusrita juga menyampaikan agar setiap orang tua memperhatikan pola makan dan hidup bersih dalam menghadirkan kesehatan bagi anak. Dia juga berharap agar para orang tua meningkatkan perannya untuk pemenuhan gizi ibu dan bayinya apalagi bayi usia dua tahun.


"Ibunya sehat anak nya juga sehat, makanya kita mengupayakan untuk menurunkan bahkan me nol kan angka kematian ibu dan bayi," tegasnya.


Disamping itu, Sekretaris DPPKB Sri Nelis, didampingi Kepala Bidang Penyuluhan dan Penggerakan Elni Sari, menyampaikan kita harus menjamin ketersediaan wadah pembinaan bagi remaja untuk mengembangkan jati dirinya. Dia menegaskan, akan selalu siap untuk melakukan pembinaan.


"DPPKB siap memberikan pembinaan kepada kelompok Kampung KB dan keluarga kecil lainya dalam upaya penurunan stunting ini," katanya.


Pada kesempatan itu, dia juga menyarankan untuk terus berupaya menghadirkan kesehatan di masing-masing keluarga. Dan dia berharap melalui pembinaan yang dilakukan ini akan ada kreatifitas ibu-ibu dalam membiasakan pola hidup sehat dengan senantiasa memperhatikan pola asuh dan pola makan anak dan keluarga.


"Jangan lupa menghadirkan kesehatan dalam keluarga, perhatikan pola asuh dan pola makannya, mari terapkan Dapur Sehat Anti Stunting (Dashat) di rumah tangga masing-masing," ajaknya.


Sebelumnya pembinaan yang serupa juga telah dilaksanakan di dua kelompok Kampung KB lainya. Yaitu, Kampung KB Pandan Puti Kencana Nagari Koto Tinggi kecamatan Enam Lingkung dan Kampung KB Tato Saiyo Nagari Toboh Gadang Barat Kecamatan Sintoga. (wrm)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!