Breaking News

Connect With us

May 24, 2022

Pilwanag Serentak 2022, Bupati Safaruddin Minta Warga Tunaikan Hak Pilih


FS.Limapuluh Kota(SUMBAR)-
Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt  Bandar Rajo menghimbau agar segenap warga Limapuluh Kota yang terdaftar sebagai pemilih sesuai ketentuan  dan perundang-undangan, untuk menunaikan hak pilihnya pada hari pemungutan suara pada  Rabu, tanggal 25 Mei 2022 di tempat pemungutan suara (TPS sesuai domisil, pada  Pemilihan Wali Nagari (Pilwanag) Serentak Tahun 2022 di Kabupaten Limapuluh Kota.  Kepada semua pihak serta pemangku kepentingan agar menjaga keamanan dan ketertiban selama proses pemungutan suara di TPS.  


Disisi lain,  Aparatur Sipil Negara (ASN) baik Pegawai Negeri Sipil dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja diminta netral, mempergunakan hak pilihnya serta turut menjaga suasana tenang dan kondusif di nagarinya. Bupati Safaruddin menyebutkan bahwa Pilwanag Serentak Tahun 2022 merupakan salah satu tonggak penting luntuk tercapainya visi daerah, Terwujudnya Limapuluh Kota yang Madani, Berbudaya dan Beradat dalam Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.


"Kita bersukur segala persiapan untuk pelaksanaan pemungutan suara, sesuai hasil monitoring yang dilakukan semua berjalan sebagaimana yang kita harapkan bersama, makanya kita ajak dan himbau masyarakat yang punya hak pilih untuk menunaikan hak pilihnya pada TPS yang telah ditentukan," ujar Bupati Safaruddin kepada Tim Kominfo Selasa (24/05/2022). 


Di sisi lain, Bupati Safaruddin juga mengajak warga Limapuluh Kota agar mempergunakan hak pilihnya secara proposional dengan melakukan pencoblosan hanya pada tempat pemilih terdaftar berdasarkan Kartu Tanda Penduduk atau pengenal lain yang disahkan ketentuan peraturan pilwanag. Tingginya partisipasi pemilih pada gelaran Pilwanag, tambah Bupati Safaruddin, adalah refleksi dari perwujudan kehendak rakyat untuk melanjutkan kesinambungan pemerintahan dan penyelenggaraan pembangunan di Nagari.


 "Pelaksanaan dan hasil pemilihan wali nagari  serentak ini sangat strategis bagi Kabupaten Limapuluh Kota, karena kita salah satu misi kita dalam jangka menengah adalah mendorong potensi nagari sebagai poros pembangunan daerah," ujar Bupati Safaruddin. 


Terlebih perwujudan program prioritas daerah seperti pertanian, pariwisata, peningkatan infrastruktur di ibukota Kabupaten serta peningkatan infrastruktur prasarana jalan, tak terlepas dari peran wali nagari serta masyarakat di nagari. Ditambahkan oleh Bupati Safaruddin, kemunculan potensi kepariwistaan nagari seperti Kampung Sarugo, Koto Tinggi, Kapalo Banda, Taram, serta Alek Bakajang, Gunung Malintang, memberi harapan bahwa potensi nagari-nagari di Limapuluh Kota, jika dikelola terintegrasi antara pemerintahan nagari dan kabupaten pengembangannya akan lebih terarah. Di bagian lain, Bupati juga mengungkapkan terima kasih dan apresiasi kepada pejabat Wali Nagari yang akan menyelesaikan tugas dan tidak mencalonkan lagi atas dharma baktinya dalam menyelenggarakan tugas pemerintahan dan pembangunan. 


Pelaksanaan Pemilihan Nagari Serentak Tahun 2022 di Kabupaten Limapuluh Kota boleh dibilang "Pesta Demokrasi" terbesar sepanjang sejarah Pemilihan Wali Nagari di Limapuluh Kota.  Tercatat pemilih terdaftar sebanyak 232.227 pemilih melebihi angka pemilih terdaftar pada pemilihan kepala daerah tahun 2020, dengan jumlah 224.393 pemilih. Data juga menunjukkan sebanyak  70 nagari dari 79 nagari di Limapuluh Kota bakal menggelar pemilhan untuk mencari sosok Wali Nagari yang akan memimpin pemerintahan nagari lima tahun ke depan. "Pilwanag diikuti sebanyak 298 calon Wali Nagari, 12 orang diantaranya adalah calon wali nagari perempuan, dan sebanyak 44 calon sebelumnya adalah pejabat wali nagari atau  petahana," ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Nagari/Desa Limapuluh Kota Endra Azmar. 


Tentang latar belakang pendidikan dan profesi para calon wali nagari juga beragam, terdapat perimbangan antara jumlah tamatan SLTA/ sederajat dengan S1;  S2, dengan jumlah 140 orang  dan 114 orang. Jabatan Wali  Nagari selain diminati oleh swasta, wiraswasta, profesional, pensiunan juga diminati Calon Wali Nagari berlatar belakang PNS sebanyak 18 orang dan TNI/Polri 2 orang.


Berbicara tentang kesiapan pelaksanaan Pilwanag serentak khususnya tahapan pemungutan suara Kadis PMN/D mengatakan semua tahapan berjalan sesuai dengan yang direncanakan. Hal ini didukung oleh kesungguhan panitia pelaksana pemilihan wali nagari, peran aktif TNI dan Polri terutama keaktifan Koramil, Polsek melalui Babinsa dan Bhabinkamtibmas. Di sisi lain,  baiknya persiapan untuk pelaksanaan Pilwanag 2022 juga tak lepas dari komunikasi dan koordinasi yang lancar antara panitia pelaksana dengan jajaran Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota serta  TNI dan Polri. 


"Sesuai arahan Bapak Bupati, kita berupaya optimal agar situasi yang tenang dan kondusif ini tetap terjaga sampai seluruh tahapan pemilihan wali nagari tahun 2022 ini selesai.  Kunci sukses lainnya adalah tingginya  partipasi warga pemilih terdaftar untuk menunaikan hak pilihnya di TPS yang telah ditentuka," ujar Endra Azmar.  


Ditambahkannya, Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota juga menerjunkan  seluruh kepala perangkat daerah untuk melakukan monitoring pelaksanaan pemungutan suara di TPS-TPS. (Edo Yuliardi)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!