Breaking News

June 26, 2022

Wabup Padang Pariaman dan BWSS V Tinjau Lokasi Aliran Batang Anai yang Terkikis Abrasi

                                                                        25 Juni 2022

FS.Padang Pariaman(SUMBAR)-Wakil Bupati Padang Pariaman, Rahmang bersama Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) V Padang, Dian Kamila meninjau lokasi tebing sungai aliran Batang Anai yang terkikis aliran sungai pada Sabtu (25/06/2022).


Peninjauan tersebut didampingi Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Padang Pariaman, Budi Mulya.


Budi yang juga Plt Kepala DPUPR Padang Pariaman ini menyampaikan bahwa daerah aliran sungai Batang Anai merupakan kewenengan BWSS V Padang


Maka katanya, telah disepakati pihak BWSS V Kementrian PUPR akan menindaklanjuti penanganan daruratnya dengan menggunakan dana tanggap darurat bencana kementerian PUPR.


"Selain itu pihak BWSS V juga akan mangusulkan anggaran pembangunan pasca bencana," tambahnya menegaskan.


Ia mengaku bahwa setelah kejadian tersebut, pihaknya langsung melakukan koordinasi dengan BWSS V  untuk turun ke lapangan guna mendapat solusi penanganan daruratnya.


Sementara itu dilokasi Rahmang mengatakan, kondisi tersebut  berakibat tidak bisa dilaluinya jalan oleh kendaraan roda empat maupun roda dua.


Padahal lanjut dia ruas jalan yang dimaksud merupakan satu satunya akses utama masyarakat, sehingga dapat mengganggu roda perekonomian dan aktivitas kehidupan sehari hari masyarakat setempat.


"Amblasnya jalan di aliran sungai batang anai ini diperkirakan Jum'at sore (24/6) sekira pukul 17.00 Wib sehingga menyebabkan terisolirnya enam korong wilayah Batang Anai bagian timur,"ungkapnya.


Wabup Rahmang dalam diskusi tanggap darurat responsif ini menyampaikan perlu ada langkah-langkah strategis dan efektif untuk memaksimalkan pencegahan. 


Agar dampak bencana tidak terjadi berlarut dan berdampak kepada hal yang tidak diinginkan khususnya kepada masyarakat setempat.


"Kita berharap, pihak BWSS V Kementrian PUPR dapat segera melaksanakan penanganan darurat jalan kuliek tersebut agar aktifitas kehidupan masyarakat setempat normal kembali," ujar Wabup Rahmang.


Tingginya curah hujan yang terjadi pada hari jumat 24 Juni 2022 yang lalu, menyebabkan amblasnya jalan Kuliek Nagari Sungai Buluah Timur Kecamatan Batang Anai. (wrm)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!