Breaking News

June 5, 2022

Gubernur Sumbar Resmi Lepas Ribuan Jamaah Haji Embarkasi Padang Kloter Pertama

                                                                        04 Juni 2022


FS.Padang(SUMBAR)-
Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Buya Mahyeldi, resmi melepas calon jamaah haji dari Sumatera Barat dan Bengkulu pada musim haji perdana semenjak wabah Covid-19 melandai, bertempat di Aula Utama  Asrama Haji Embarkasi Padang, Jalan Garuda Parupuk Tabing, Kota Padang, Pada Sabtu (4/6/2022). 


Buya Mahyeldi, yang sekaligus Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Sumatera Barat, menyampaikan selamat dan rasa syukur terhadap para jemaah yang berangkat menunaikan ibadah haji ke tanah suci. 


"Saya ucapkan selamat menunaikan ibadah haji, semoga bapak dan ibu selalu diberikan perlindungan oleh Allah SWT serta ikhlas menunaikan ibadah haji, karena syarat utamanya haji adalah ikhlas," ungkapnya. 


Selanjutnya, Buya menyampaikan harapan untuk para jamaah haji yang berangkat agar dalam keadaan sehat untuk melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji secara sempurna.


"Semoga para jamaah haji sumbar akan dibimbing oleh Allah SWT, dan kemudian melaksanakan rangkaian ibadah haji mulai  berangkat ke tanah suci hingga kembali ke rumah tercinta," ungkapnya. 


Buya juga turut meminta doa kepada jamaah haji yang berangkat untuk mendoakan pemimpin-pemimpin Indonesia agar dapat membangun daerah dan bangsa dengan semangat persatuan dan kesatuan.


"Kemudian tolong doakan Kami yang tinggal di kampung halaman ini dan juga pemimpin kita, mudah-mudahan senantiasa dilindungi oleh  Allah SWT," harap Buya.


Seusai sambutan Buya melepas secara resmi para jamaah kloter pertama Embarkasi Haji Kota Padang yang akan berangkat ke tanah suci. 


"Mari sama-sama kita lepas secara resmi keberangkatan jemaah haji kloter pertama embarkasi Padang menuju tanah suci Madinah Al Munawarah," ujar Buya.


Dalam laporannya, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumbar, Dr. Helmi, menyampaikan bahwa jamaah haji embarkasi padang diketahui akan diberangkatkan sebanyak 2840 calon jemaah haji yang diterbangkan dengan tujuh kelompok penerbangan, dimana lima kloter diikuti 2093 orang berasal dari Sumbar, sementara dua kloter lainnya menerbangkan 747 jemaah asal Bengkulu.


Ia juga mengatakan para jamaah haji sebelum diberangkatkan telah mempersiapkan diri mereka sejak tahun 2020, mereka sepanjang tahun melaksanakan manasik mandiri sepanjang tahun. 


Disamping itu, pihaknya juga menyelenggarakan beberapa inovasi penyelenggaraan haji pada tahun ini, antara lain adalah menyurati Bupati/Walikota untuk mengantar dan menyambut kepulangan jamaah haji asal daerahnya, menyambut kedatangan jamaah haji dengan shalawat badar dan talbiyah, menyemarakkan ibadah haji dengan spanduk-spanduk yang bernuansa haji sepanjang rute, menyediakan tempat duduk bagi petugas kloter secara menyebar, dan lain sebagainya. 


Turut hadir dalam pelepasan jamaah haji tersebut Sekretaris Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Ahmad Abdullah, Anggota DPR RI Komisi VII, Asli Chaidir, Lisda Hendrajoni, Wakil ketua DPRD Prov Sumbar, Suwirpen Suib, Walikota Padang, Hendri Septa, Unsur Forkopimda, Rektor UIN Imam Bonjol, Martin Kustati, Kepala Dinas Kesehatan, Lila Yanwar, dan Ketua LKAAM Sumbar, Fauzi Bahar. (Via/MMC) 


(Diskominfotik Sumbar)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!