Breaking News

June 24, 2022

Peduli Peningkatan Ekonomi Petani, Ketua DPRD Sumbar Bantu Alsintan Jenis Cultivator

                                                                        23 Juni 2022

FS.Payakumbuh(SUMBAR)-Optimalkan hasil produksi  pertanian di Kabupaten Limapuluhkota dan Kota Payakumbuh, untuk meningkatkan perekonomian paletani, Ketua DPRD Sumbar Supardi membagikan bantuan 12 alsintan jenis cultivator kepada puluhan kelompok tani (keltan), Kamis (23/6). 


Pada penyerahan bantuan itu terungkap, salah satu Keltan mengeluhkan tidak adanya tindak lanjut pengajuan perbaikan jalan usaha tani, sehingga mempersulit mereka untuk mendistribusikan hasil produksi.


" Terimakasih atas bantuan yang diberikan oleh Ketua DPRD Sumbar Supardi, untuk mengantarkan cultivator ketempat lahan yang kita garap terkendala akses jalan yang buruk sepanjang 200 KM, pengajuan melalui Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura, namun hingga sekarang belum ada tindak lanjut," kata Zurmida Ketua Keltan Simpatic yang bersal dari Nagari Sitanang, Kecamatan Lareh Sogo Halaban, Kabupaten Limapuluhkota. 


Dia mengatakan karena akses yang sangat tidak layak, membawa bantuan cultivator sangat sulit, terlebih Keltan Simpatic diisi oleh mayoritas perempuan. Melalui Ketua DPRD Sumbar, dirinya berharap jalan usaha tani untuk Keltan Simpatic bisa diperbaiki agar pengelolaan lahan berjalan optimal.


Sementara itu Ketua DPRD Sumbar Supardi mengatakan pada dua daerah ini, memiliki lahan pertanian yang luas, tidak semua kabupaten/ kota memiliki keunggulan itu. Adanya bantuan  Cultivator diharapkan bisa meningkatkan kualitas hasil pertanian Limapuluhkota dan Payakumbuh. 


Apapun jenis pertanian merupakan primadona bagi Sumbar, sektor ini masuk dalam program unggulan kepala daerah, pada postur APBD pertanian mendapat porsi 10 persen dan Rp 6,5 triliun APBD Sumbar. 


"Bantuan-bantuan ini akan banyak direalisasikan, asal Keltan-Keltan yang ada  bisa merawat dan memaksimalkan bantuan itu ," katanya.(***)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!