Breaking News

Connect With us

June 27, 2022

Pengabdian Masyarakat UNP Beri pelatihan untuk dokter kecil


FS.Padang Pariaman(SUMBAR)-
Fakultas Psikologis dan Kesehatan UNP (Universitas Negeri Padang) lakukan pengabdian masyarakat dengan tema kegiatan "Pelatihan Dokter Kecil dalam kegiatan UKS untuk penerapan perilaku hidup bersih dan sehat di SDN 02 Sungai Limau.


Ketua tim pengabdian masyarakat UNP NS. Linda Marni didampingi anggota Armaita dan Dedet Candra dilokasi pada Senin (27/06/2022) menyampaikan, kegiatan ini merupakan pelaksanaan salah satu dari tri darma perguruan tinggi yaitunya penelitian dan pengabdian masyarakat.


"Hari ini kita melaksanakan pengabdian masyarakat yang dipusatkan di SD N 02 Sungai Limau dibawah UNP (Universitas Negeri Padang). yang mana di daerah sungai limau ini kita ada tiga tim yang terdiri atas semua fakultas kesehatan,"ujar Linda.


Linda Marni dan Armaita berasal dari fakultas psikologi dan kesehatan prodi D3 Keperawatan. Sedangkan Dedet Candra dari Fakultas Psikologis dan Geografis. ditambah 2 orang mahasiswa D3 Keperawatan UNP dan Unifersitas Andalas.


Lanjut dia, sengaja timnya mengambil sekokah ini dan memberikan pelatihan kesehatan untuk UKS melalui dokter kecil. Karena selama masa pandemi, kegiatan UKS tidak berjalan dengan baik.


Lanjut Linda, karena berdasarkan laporan dari kepala sekolah dan informasi dari Puskesmas sebagai penanggung jawab UKS. Bahwa PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) anak-anak disekolah tidak terlaksana sebagaimana mestinya.


"Itulah salah satu motivasi kami melaksanakan kegiatan pelatihan dokter kecil disekolah ini, dalam penerapan PHBS melalui UKS (Usaha kesehatan Sekolah),"ungkap dia.


Harapan nya sambung Linda, UKS yang diberi pelatihan dan pembinaan melalui 10 orang dokter kecil yang terpilih (dari 98 orang siswa disekolah) akan semakin baik dan maju kedepannya. 


"Sehingga dapat bersaing tidak hanya ditingkat Kecamatan dan Kabupaten, hendaknya juga sampai ke profinsi. Dengan ini tentunya dapat mengharumkan nama daerah asal dibawah naungan wilayah kerja puskesmas sungai limau,"ungkap dia.


Lanjutnya, pelatihan ini dilaksanakan selama dua hari, Senin dan Selasa (27-28), dilaksanakan dua hari.Karena melibatkan juga pihak puskesmas kecamatan dan tim lainnya dalam pengabdian masyarakat ini.


"Materi pelatihan, di antaranya menyangkut PHBS, perawatan dan P3K, pencegahan penyakit menular, perawatan gigi dan Promkes (Promosi Kesehatan),"tutup Linda. (wrm)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!