Breaking News

Connect With us

July 28, 2022

Bupati Suhatri Bur : Dorong Masyarakat Cinta Literasi

                                                                   28 Juli 2022

FS.Padang Pariaman(SUMBAR)-Dinas Kearsipan dan Perpustakaan menggelar sosialisasi Pengembangan Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) bertempat di Hall IKK Paritmalintang, pada Kamis (28/07).


Sebagaimana tertuang dalam Undang-undang Nomor 43 Tahun 2007 Pasal 2 menyatakan bahwa perpustakaan mengemban amanah sebagai tempat pembelajaran dan kemitraan yang dikelola secara profesional dan terbuka bagi kalangan, sehingga dapat mewujudkan masyarakat yang berkeadilan dan dapat diukur capaian kinerjanya bagi kesejahteraan masyarakat.


Bupati Suhatri Bur dalam arahannya mengatakan, Perpustakaan bukan hanya sebagai pusat informasi, tetapi juga memegang peranan penting dalam meningkatkan literasi masyarakat. 


Di samping itu, turut membangun self esteem (kepercayaan diri) dan empowerment (pemberdayaan).


“Literasi adalah sebuah langkah untuk menggali potensi dan mengajak orang untuk banyak membaca dan mengasah kemampuan. Dengan banyak membaca akan meningkatkan pengetahuan serta meningkatkan SDM di daerah,” ujarnya.


Lebih lanjut, Suhatri Bur menyebut program TPBIS yang digagas ini dapat memperkuat peran perpustakaan umum dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia sehingga kemampuan literasinya meningkat dan dapat menciptakan masyarakat sejahtera melalui peningkatan layanan perpustakaan.


“Kegiatan literasi dan penyediaan informasi pada perpustakaan mempunyai andil yang besar dalam menciptakan kemampuan literasi masyarakat sehingga dapat mengubah kualitas hidupnya menjadi lebih baik untuk Kejayaan Padang Pariaman,” tuturnya.


Berbicara sosal literasi, Suhatri Bur menyebutkan, pada tahun 2022 terdapat 2 (dua) Nagari yang telah mengikuti kegiatan pengembangan literasi berbasis inklusi sosial dalam bentuk replikasi mandiri bagi perpustakaan nagari, yaitu Nagari Lubuak Pandan dan Nagari Limau Puruik.


“Kedepannya, kita berharap setiap nagari memiliki perpustakaan mini sehingga mendorong masyarakat untuk cinta membaca dan cinta literasi,” harapnya.


Sosialisasi ini sekaligus dilakukan pengukuhan terhadap Bunda Literasi Kabupaten Padang Pariaman Yusrita Suhatri Bur yang juga disaksikan oleh Staf Ahli, Asisten, Ketua DWP, Camat dan Wali Nagari se-kabupaten Padang Pariaman serta Pengelola Perpustakaan. (wrm)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!