Breaking News

July 30, 2022

Gubernur Sumbar Apresiasi Lomba Cerdas Qur'an Padang TV

                                                                   29 Juli 2022

FS.Padang(SUMBAR)-Gubernur Sumatera Barat, Buya Mahyeldi mengapresiasi lomba Cerdas Qur'an Tingkat SMA/SMK/MA se-Sumatera Barat (Sumbar) yang dihelat oleh Padang TV, dimulai dari daerah kabupaten kota dan puncaknya digelar pada tingkat provinsi. Episode pembukaan lomba digelar di Aula Kantor Gubernur, Jum'at (29/7/2022).


Lomba Cerdas Quran merupakan ajang kompetisi bagi penghafal Qur'an atau hafiz di sekolah yang dikemas dalam bentuk cerdas cermat.


Menurut gubernur, kegiatan Lomba Cerdas Quran sangat positif dalam rangka membumikan Al-Quran di Sumbar. Selain memotivasi siswa dan guru untuk semakin giat mempelajari Al Quran, juga akan membawa berkah tersendiri bagi daerah.


"Kegiatan ini manfaatnya sangat baik. Penampilan anak-anak dan penguasaan Al Quran nya juga sangat baik. Semakin banyak hafalan maka akan semakin cerdas seseorang. Semakin banyak yang hafal Al Quran maka semakin banyak keberkahan yang diturunkan kepada daerah dan bangsa ini," kata gubernur.


Harapan serupa juga disampaikan Kasubdit Seni Budaya Keagamaan Kementerian Agama RI, Sayid Alwi Fahmi. Ia berharap kegiatan Lomba Cerdas Quran

bisa diselenggarakan setiap tahun karena sangat mendukung falsafah ABS-SBK.


Direktur Padang TV, Rita Gusveniza, dalam laporannya menyebut, Lomba Cerdas Quran telah dimulai sejak tahun 2021, namun baru untuk tingkat SD dan SLTP sederajat. Mulai tahun 2022, untuk pertamakalinya dilaksanakan untuk tingkat SLTA sederajat. Untuk dewan juri menghadirkan para profesional yang telah berpengalaman sebagai qori dan qoriah serta sebagai pengelola rumah tahfiz.


"Kegiatan ini sebagai satu ikhtiar Padang TV untuk ikut berkontribusi menghadirkan generasi muda Sumbar yang cinta Al Quran," ungkap Rita.


Perlombaan pada episode pembukaan yang disaksikan langsung oleh gubernur dan perwakilan Menag RI dari awal hingga selesai tersebut, menampilkan enam kelompok peserta, yakni dari SMAN 1 Kota Bukittinggi, SMAN 1 Lembah Melintang, Kabupaten Pasaman Barat, SMAN 2 Kota Padang, SMKN 1 Ampek Angkek Kabupaten Agam, SMAN Unggul Dharmasraya dan SMAN 1 Guguak, Kabupaten Limapuluh Kota.


Tampil sebagai pemenang dalam perlombaan yang dibagi dalam tiga babak tersebut SMAN 1 Kota Bukittinggi dengan nilai 165. 


Turut hadir dalam episode pembukaan tersebut Anggota DPD RI Emma Yohana, Kadis Pendidikan Sumbar Barlius, Kacabdin se Sumbar serta para guru dari SMA, SMK dan MA se Sumbar.(doa/MMC)


(Dinas Kominfotik Sumbar)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!