Breaking News

Connect With us

July 8, 2022

Besok Pemko Pariaman Laksanakan Shalat Idul Adha di Lapangan Merdeka

                                                                          08 Juli 2022

FS.Pariaman(SUMBAR)-Pemerintah Kota Pariaman memutuskan pelaksanaan Shalat Idul Adha 1443 Hijriah/2022 M di Lapangan Merdeka Kota Pariaman pada hari Minggu, tanggal 10 Juli 2022 mendatang.

Hal ini diungkapkan oleh Walikota Pariaman, Genius Umar kepada Tim Media Center Dinas Kominfo Kota Pariaman di Rumah Dinas Walikota Pariaman, Jum'at (8/7).

“Pemerintah pusat melalui sidang isbat telah menetapkan bahwa 10 Dzulhijah jatuh pada hari minggu tanggal 10 Juli 2022, maka Pemko Pariaman melaksanakan Takbiran  pada tanggal 9 Juli 2022 dan Shalat Idul Adha 1443 H tanggal 10 Juli 2022 di Lapangan Merdeka Kota Pariaman”, terangnya.

Dia menyebutkan, Khatib Shalat Idul Adha 1443 H yakni Jhony Efendi, Lc. MA yang merupakan Dosen STAIPIQ padang dengan tema khotbah “Idul Adha, simbol ketauhidan, ubudiyyah dan muamalah, sementara untuk imamnya oleh Buya Yahya, S.AG

Wako Genius Umar juga menjelaskan bahwa Shalat Idul Fitri kemarin yang seyogyanya digelar di Lapangan Merdeka, karena kondisi hujan, dipindahkan ke masjid terdekat.

Namun, kita tetap merencanakan penyelenggaraan Shalat Idul Adha dan malam takbiran,.di Lapangan Merdeka Kota Pariaman.

“Terkait cuaca yang tidak bisa ditebak nantinya, bila cuaca tidak mendukung, ada 5 masjid terdekat yang bisa menjadi tempat alternatif bila hujan, namun dipusatkan Shalat Idul Adha di Masjid Darul Ma'arif atau yang biasa disebut Masjid Tapi Air, Kelurahan Pondok II, Kecamatan Pariaman Tengah”, ulasnya.

Lebih lanjut, Genius Umar juga menuturkan bahwa menyangkut perbedaan waktu penetapan Idul Adha yang terjadi antara Pemerintah dan Muhammadiyah, tidak akan mengurangi semaraknya perayaan Idul Adha tahun ini.

Sebelumnya, Pemerintah menetapkan Idul Adha pada 10 Juli 2022 dan dari Muhammadiyah menetapkan Idul Adha 9 Juli 2022.

“Perbedaan waktu Idul Adha seperti ini adalah sesuatu yang biasa terjadi. Jangan sampai perbedaan itu menjadi perpecahan umat  dan tidak saling menghormati. Kita harus saling menghormati perbedaan itu,” jelasnya.

Ia berharap kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik, aman dan lancar (wrm)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!