Breaking News

Connect With us

July 2, 2022

Pemkab Padang Pariaman Adakan Rapat bmBersama Bappelitbangda

                                                                          07 Juli 2022


FS.Padang Pariaman(SUMBAR)-
Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman adakan pertemuan dan sosialisasi. Pertemuan  diruang rapat Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah (Bappelitbangda), pada Jumat (01/07).


Dimotori oleh Bappelitbangda, rapat menghadirkan seluruh anggota Tim Driver atau Penggerak Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender Kabupaten Padang Pariaman Tahun 2022. Masing-masing anggota tim terdiri dari utusan Bapelitbangda, Dinas Sosial P3A, Inspektorat, BPKD, dan OPD terkait lainnya.


Pengarusutamaan gender (PUG) merupakan strategi untuk mengintegrasi prespektif gender dalam pembangunan yang dimulai dari proses prencanaan, penganggaran, pelaksanaan serta pemantauan dan evaluasi seluruh kegiatan program pembangunan.


Masri bagian dari anggota Tim Driver dalam rapat tersebut menyampaikan bahwa penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat di Daerah Kabupaten Padang Pariaman perlunya dilakukan peningkatan pengintegrasian Gender.


Pengintegrasian tersebut menurutnya melalui penguatan kelembagaan, perencanaan, penyususnan, pelaksanaan, penganggaran, pemantauan, dan evaluasi atas kebijakan, program dan kegiatan yang responsif gender.


“PUG ini ditujukan untuk mewujudkan kesetaraan gender dalam pembangunan yaitu pembangunan yang lebih adil dan merata bagi seluruh masyarakat baik laki-laki maupun perempuan,” tutur Masri yang juga sekretaris Bappelitbangda ini.


Selain itu masri menambahkan bahwa kesetaraan gender dapat dicapai dengan mengurangi kesenjangan antara kaum laki-laki dan perempuan dalam mengakses dan mengontrol sumber daya. Bahkan mengikutkan berpartisipasi dalam pengambilan keputusan dan proses pembangunan serta mendapat manfaat dari kebijakan program pembangunan.


“Dalam lingkup pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, pemerintah telah memberikan kesempatan yang sama baik laki- laki maupun pria untuk berkarir di tempat kerja masing-masing menuju keadilan dan kesejahteraan Gender itu sendiri,” ungkap Masri.


Kemudian Masri mengatakan," melalui sosialisasi PUG ini serta dengan telah dibentuknya Tim Driver, OPD dan masyarakat paham akan tentang perencanaan, penganggaran yang responsif gender akan menghasilkan pemahaman bahwa kesenjangan gender dapat dihapus ataupun dikurangi.


Dikesempatan yang sama Yultafitri Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial P3A menyebutkan "Melalui sosialisasi PUG ini semua program pembangunan dapat terlaksana dengan baik sehingga mampu bersama mewujudkan kesetaraan gender pada lembaga pemerintahan" tandasnya.


Sebelumnya Pemerintah Provinsi Sumatera Barat telah mengeluarkan surat edaran Gubernur nomor 050/145/II/Pem-PM/Bappeda-2022, tentang Pedoman pelaksanaan rencana aksi Daerah Pengurustamaan Gender (PUG) bagi Pemerintah Kabupaten atau Kota Se-Sumatera Barat Tahun 2022. (wrm)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!