Breaking News

July 27, 2022

Ramaikan Hari Mangrove Sedunia : Bio Farma Tanam 10 Ribu Bibit Pohon Mangrove di Kabupaten Subang

                                                                   27 Juli 2022

FS.JAKARTA-Bio Farma ikut berpartisipasi dengan menanam 10 ribu mangrove (Rhizophora racemosa.sp) yang bekerjasama dengan Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kota Subang, Dinas Lingkungan Hidup Kab Subang, Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH), PT Dahana serta Perhutani.


Induk Holding BUMN Farmasi, Bio Farma ini, ikut ramaikan Hari Mangrove Sedunia yang jatuh pada hari ini, 26 Juli 2022. Hari Mangrove Sedunia pada tahun 2022 mengambil tema "Hari Internasional Konservasi Ekosistem Mangrove". 


Kegiatan dilaksanakan di tiga desa yaitu  Desa Mayangan, Desa Legonwetan dan Desa Tegal Urung, dengan total luas lahan 10 hektar. Penanaman di daerah ini, merupakan kelanjutan dari penanaman mangrove di lokasi Mayangan sejak tahun 2019 dan saat hari Lingkungan Hidup sedunia pada bulan Juni 2022.


Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Subang H. Hidayat mengatakan, saat ini kondisi di daerah Legon Wetan memang sudah terbiasa terkena banjir rob. 


Oleh karena itu pendekatan dan support yang dilakukan Bio Farma dalam Program Penanaman 10 ribu Bibit Pohon Mangrove cukup tepat. 


"Hal itu sangat disambut baik oleh masyarakat dan kami atas nama pemerintah daerah yang hadir mengucapkan banyak terima kasih,"ujar Dia


Lebih lanjut Hidayat menyampaikan, melalui program ini kami memohon kerjasama semua pihak terutama masyarakat sekitar untuk tetap memelihara mangrove tersebut agar mengurangi arus Rob yang disebabkan oleh air laut. 


Selanjutnya ulas dia, acara yang didukung oleh Bio Farma dalam rangka Hari Mangrove Sedunia sekaligus Hut Bio Farma ke-132 ini, kami mengucapkan selamat dan sukses selalu untuk Bio Farma yang peduli dengan lingkungan sekitar.


"Semoga kedepannya bukan hanya pendekatan alam saja mungkin bisa upaya pendekatan lainnya agar bisa mengurangi bahkan tidak lagi terjadi Rob karena ini dapat menimbulkan bencana lainnya," Ungkap Hidayat.


Pada kesempatan yang sama, Kepala Divisi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan & HC Service Bio Farma, Tjut Vina Irvianti mengatakan bahwa melestarikan lingkungan merupakan salah satu kebijakan Bio Farma.


"Salah satunya adalah komitmen untuk pelestarian hutan mangorve. Kegiatan ini, bukan kali pertama kami lakukan sebelumnya pada Juni 2022, kami menanam sebanyak 1.000 Bibit Pohon Mangrove, dan pada tahun 2019, kami pun melaksanakan penanaman mangrove di lokasi yang sama,"kata Tjut


Dia berharap, masyarakat akan turut andil dalam menanam dan menjaga mangrove, sehingga dapat mengurangi dampak dari abrasi, banjir rob, dan kondisi lingkungan pesisir menjadi lebih baik.


Tjut menambahkan, kegiatan penanaman 10 ribu mangrove di Kab Subang ini sekaligus untuk memperingati hari Mangrove Sedunia, yang merupakan rangkaian acara pre-event HUT Bio Farma ke 132 tahun yang akan jatuh pada tanggal 6 Agustus 2022 mendatang.


Sebelumnya, Bio Farma pernah melakukan kegiatan yang sama pada tahun 2019 dan pada hari lingkungan hidup sedunia Juni 2022 yang lalu


Selain kegiatan penanaman Bibit Pohon Mangrove, kegiatan lain yang dilaksanakan Bio Farma antara lain pelatihan tanggap bencana di tiga Desa Kecamatan Legonkulon. 


Bio Farma juga telah memberikan bantuan pembangunan satu unit Early Warning System (RISE) untuk pencegahan banjir rob di kawasan Legon Kulon, renovasi satu unit jembatan untuk membantu akses & mobilisasi masyarakat Desa Mayangan & Desa Legon Wetan.


Pembuatan satu unit tanggul untuk pemecahan ombak dan mencegah banjir rob di kawasan Legon Wetan, serta pengembangan pemberdayaan masyarakat kawasan pesisir. (rel/wrm)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!