Breaking News

August 8, 2022

Disparpora Pessel Gelar Pelatihan Keamanan dan Keselamatan di Objek Wisata

                                                           08 Agustus 2022

FS.Pessel(SUMBAR)-Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Pesisir Selatan melaksanakan kegiatan pelatihan keamanan dan keselamatan di objek wisata.


Kegiatan pelatihan yang dibuka Bupati Pesisir Selatan diwakili Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Suhendri, Senin (8/8) di Hotel Saga Murni itu diikuti Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) se Kabupaten Pesisir Selatan dengan jumlah peserta sebanyak 40 orang.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pesisir Selatan, Suhendri mengatakan, pelatihan keamanan dan keselamatan di destinasi wisata itu sangat penting bagi anggota Pokdarwis. 

"Melalui pelatihan itu, anggota Pokdarwis memiliki pengetahuan dalam melakukan upaya pertolongan apabila sewaktu-waktu terjadi kecelakaan yang menimpa wisatawan. Saya berharap pelatihan semacam ini lebih dimaksimalkan lagi ke depan, Kemudian para peserta agar mengikuti pelatihan ini dengan serius," harapnya.

Disebutkan, umumnya destinasi wisata yang dimiliki Kabupaten Pesisir Selatan adalah laut dan pantai. Kondisi itu berpotensi terjadinya kecelakaan bagi wisatawan seperti tenggelam, diterjang ombak dan lainnya.

"Untuk penanganan, maka anggota Pokdarwis yang selalu berada di objek wisata diberikan pelatihan keamanan dan keselamatan di destinasi wisata. Jika anggota Pokdarwis sudah memiliki pengetahuan dalam upaya memberikan keamanan dan keselamatan, maka mereka dengan sigap dapat melaksanakan upaya pertolongan bagi wisatawan yang mengalami kecelakan," ucapnya.

Sementara itu Kepala Bidang Pariwisata, Wildan menjelaskan, pelaksanaan kegiatan pelatihan keamanan dan keselamatan di destinasi wisata itu bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik tahun 2022. 

Kegiatan pelatihan itu diikuti anggota Pokdarwis se Kabupaten Pesisir Selatan dengan jumlah peserta sebanyak 40 orang. Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai 8 sampai 10 Agustus 2022 di Hotel Saga Murni. Sedangkan narasumber berasal dari Basarnas, BPBD dan Disparpora setempat  "Kita berharap dengan adanya pelatihan ini dapat memberikan pengetahuan kepada anggota Pokdarwis melakukan upaya pertolongan ketika terjadi kecelakaan di destinasi wisata," ucapnya.(dan/hms pessel)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!